Putri, Matin Enggar (2013) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 17 Malang pada materi garis singgung lingkaran / Matin Enggar Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Quantum Teaching motivasi hasil belajar siswa Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 17 Malang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran masih kurang hal ini dapat dilihat dari konsentrasi siswa yang mudah terpecah dikarenakan siswa cepat merasa bosan. Selain itu Pembelajaran selama ini terutama materi garis singgung lingkaran masih menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung menghafal rumus untuk menentukan panjang garis singgung lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Malang dengan subjek siswa kelas VIII-H tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu (1) Tumbuhkan guru memberikan pertanyaan-pertanyaan singkat yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari dengan bantuan media (2) Alami guru membimbing siswa memperoleh suatu konsep melalui LKS yang diberikan (3) Namai siswa berdiskusi untuk menyelesaikan LKS dan melalui LKS siswa akan memperoleh konsep yang akan dipelajari (4) Demonstrasikan siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya (5) Ulangi siswa mengulangi konsep yang telah dipelajari dengan pengerjaan soal dengan media permainan (6) Rayakan guru memberikan penghargaan berupa tepuk tangan poin atau hadiah kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan skor motivasi siswa siklus I rata-rata 2 78 termasuk dalam taraf keberhasilan cukup baik dan pada siklus II dengan skor hasil motivasi belajar siswa sebesar 3 41 termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 56 67% dari keseluruhan siswa. Hasil belajar pada siklus II mempunyai persentase keberhasilan 80% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 17 Malang pada materi garis singgung lingkaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15790 |
Actions (login required)
View Item |