Yufita, Ayin Ria (2013) Penerapan learning cycle 5E dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Blitar / Ayin Ria Yufita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Learning Cycle 5E Alat Peraga Hasil Belajar Berdasarkan observasi pendahuluan serta wawancara kepada guru pengajar matematika di SMP Negeri 1 Blitar diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarang menerapkan metode atau model pembelajaran yang bermacam-macam. Metode ekspositori atau ceramah masih menjadi pilihan utama mereka dalam melaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Metode yang diterapkan di sekolah tersebut masih perlu dikembangkan lagi agar dapat bervariasi. Teknologi yang semakin canggih juga dapat mendorong kualitas pengajaran dalam pendayagunaan media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah strategi Learning Cycle 5E dengan bantuan alat peraga. Pendekatan konstruktivisme terdiri dari 5 fase yaitu engagement exploration explanation dan evaluation. Pada fase engagement dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membangkitkan minat siswa pada pelajaran matematika siswa diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum dan telaah literatur (exploration) memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk menyampaikan ide yang mereka miliki melalui kegiatan diskusi (explanantion) mengajak siswa menerapkan konsep dan ketrampilan dalam mengerjakan soal (elaboration) dan dilakukan evaluasi terhadap efektifitas fase-fase sebelumnya dan juga evaluasi terhadap pengetahuan pemahaman konsep atau kompetensi siswa (evaluation). Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran strategi Learning Cycle 5E yang dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII G SMP Negeri 1 Blitar pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes akhir siklus. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus I yakni 71 4 % menjadi 92 8% pada siklus II. Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan strategi Learning Cycle 5E yaitu (1) engagement guru memberi motivasi kepada siswa (2) exploration siswa melakukan kegiatan yang terdapat pada LKS yang akan menuntun siswa dalam menemukan rumus (3) explanation siswa membahas hasil diskusi di depan kelas (4) elaboration siswa menerapkan konsep atau rumus yang telah ditemukan dalam mengerjakan soal latihan (5) evaluation siswa diberikan soal kuis dalam konteks yang baru tetapi masih terkait dengan materi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15789 |
Actions (login required)
View Item |