Yuliana, Atik (2013) Penerapan model cooperatif learning tipe circ untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan kelas VII SMP Negeri 13 Malang / Atik Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yuliana Atik. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata kunci Cooperative Learning CIRC Keterampilan Penyelesaian Soal Cerita 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 13 Malang diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Hal ini disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal yang terlihat dari kesalahan siswa saat mengubah bahasa soal menjadi bahasa matematika. Dalam setiap pembelajaran siswa hanya mengerjakan soal-soal di buku paket yang langsung melibatkan bilangan jarang berupa soal cerita. Rendahnya keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ini ditunjukkan dari hasil ulangan harian siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian diketahui bahwa 10 siswa mendapatkan nilai 8805 75 (KKM) sedangkan 29 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan siswa menyelesaikan soal cerita kelas VII-B SMP Negeri 13 Malang pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2013 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 13 Malang yang berjumlah 38 dari 39 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian mengenai penerapan pembelajaran model Cooperative Learning tipe CIRC yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu siswa dibagi dalam kelompok kecil secara heterogen kemudian guru membagikan soal cerita yang dimuat dalam LKS. Siswa berdiskusi bersama kelompok untuk membaca soal menafsirkan isi soal membuat rencana penyelesaian menuliskan penyelesaian dan mengecek hasil penyelesaian apakah sudah sesuai dengan soal. Selanjutnya guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sekaligus bersama siswa melakukan evaluasi dan membuat kesimpulan. Setelah itu diadakan kuis/ tes untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita setelah pembelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15780 |
Actions (login required)
View Item |