Pengembangan modul berbahasa Inggris berdasarkan sztandar proses pada pembelajaran kaidah pencacahan untuk siswa kelas XI / Anisah Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbahasa Inggris berdasarkan sztandar proses pada pembelajaran kaidah pencacahan untuk siswa kelas XI / Anisah Rahmah

Rahmah, Anisah (2013) Pengembangan modul berbahasa Inggris berdasarkan sztandar proses pada pembelajaran kaidah pencacahan untuk siswa kelas XI / Anisah Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul berbahasa Inggris standar proses kaidah pencacahan. Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda. Ada siswa yang kecepatan belajarnya tinggi namun ada juga siswa yang kecepatan belajarnya rendah. Berdasarkan kenyataan di lapangan dalam pembelajaran materi kaidah pencacahan pada kelas bilingual kemampuan penalaran logis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita berbeda-beda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Dalam pembelajaran di kelas terdapat siswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan soal kaidah pencacahan yang diberikan sehingga harus menunggu siswa lain yang belum selesai mengerjakan. Beberapa siswa juga mengatakan kurangnya latihan soal yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu penulis terdorong untuk mengembangkan modul berbahasa Inggris pada pembelajaran kaidah pencacahan. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu modul berbahasa Inggris pada pembelajaran kaidah pencacahan yang berdasarkan Standar Proses (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Modul berbahasa Inggris berdasarkan Standar Proses adalah modul yang disajikan dalam bahasa Inggris dan memuat proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi. Pada proses eksplorasi siswa dilibatkan secara aktif untuk menggali informasi tentang materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat menemukan konsep secara mandiri. Pada proses elaborasi siswa diberi kesempatan untuk berpikir menganalisis dan menyelesaikan masalah secara individual melalui pemberian tugas-tugas tertentu yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Pada proses konfirmasi siswa diberikan kesempatan untuk mengecek kebenaran hasil yang diperoleh pada proses eksplorasi atau elaborasi. Modul yang dikembangkan telah melalui dua tahap uji coba. Subjek uji coba tahap I yaitu dua dosen matematika dan satu guru matematika. Subjek uji coba tahap II yaitu enam siswa kelas X. Hasil uji coba tahap I atau validasi isi menyatakan bahwa semua komponen modul yang meliputi kelayakan isi aspek standar proses keterbacaan sajian dan tampilan telah valid. Hasil uji coba tahap II atau validasi empirik menyatakan bahwa modul yang dikembangkan sudah efektif. Disarankan modul ini dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif sumber belajar. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan untuk mengujicobakan hasil pengembangan pada kelompok besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15769

Actions (login required)

View Item View Item