Studi penguasaan konsep barisan dan deret siswa kelas 1 SMU Negeri 1 Tumpang <BR>oleh Siti Rahayu Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penguasaan konsep barisan dan deret siswa kelas 1 SMU Negeri 1 Tumpang <BR>oleh Siti Rahayu Wilujeng

Wilujeng, Siti Rahayu (2003) Studi penguasaan konsep barisan dan deret siswa kelas 1 SMU Negeri 1 Tumpang <BR>oleh Siti Rahayu Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penguasaakno nsepd alamm atematikad igunakanu ntuk menerapkan maternatikap adas ituasin yata s elaini tu untuk mendukungp enguasaakno nsep konsepb erikutnya.K arenai tu sangatJaphe ntinga danyau paya-upayay ang mendukungp eningkatanp nguasaanko nseps iswad alun pernbelajuanm aternatika. untuk itu dilahulen penelitiand engant ujuan mengetahusi ebagabi erikut. (l)Tingkat penguasaakno nsepb arisand an deret siswak elas I SMU Negeri t Tumpang( 2) Alternatif model pembelajaranu ntuk meningkatkanp enguasaakno nsepb arisand an deret siswakelas I SMU Negeri I Tumpang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi deskriptifdengan teknik pengambilan adalah teknik purposive. Karena sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas lG yang mewakili kelas dengan kemampun siswa rata-rata atas kelas lF yangm ewakili kelasd engank ernampuans iswar ata-rab sedangd an kelas lE yang mewakili kelas dengan kemampuan siswa rata-rata rendah. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Tingkat penguasaanko nseps iswaa dalahs ebagabi erikut tingkat penguasaan konseps iswak elas lG adalahb aik denganp rosentaseja wabans ecarak eseluruhan yaitu79 tingkat penguasaanko nseps iswak elas lF adalahc ukup dengan prosentaseja wabans ecarak eseluruhany aitu 69 dan tingkat penguasaakno nsep siswak elas lE adalaht idal baik denganp rosentasejawabasne carak eseluruhan yaitu 29. Flal im menurgukkan adanya kesulitan yang dialami siswa kelas lE untuk menguasaki onsepb arisand an deret. (2) Kesulitan-kesulitante rsehrt secarau mrtrns ebag abie rikut. (a) Siswak urang menguasaki onsepd asara taum ateri prasyarat.( b) Siswak esulitand alam memahamip erbedaana rfara barisand engand eret.( c) Siswak esulitand alam membedakann rmus-nrmusu mum dalam subpokokb ahasanb arisand an deretd an dalamm embedakima ntarad eret geometrih inggad engand eret geometrit ak hingga (3) Untuk membantu mengatasi kesulitan tersebut maka dirancang model pembelajarany aitu pembelajaranp eibaikan( remidial) denganb entuk pembelajarayna ngb ermaknaJ. ikad ikaitkand engank emampuansi swak elasl E siswa akan lebih mudah meurahami konsep matematika yang bersifat abstrak dengan melalui contoh yang bervariasi yang terdiri dari contoh konsep dan bukan contoh. Selain itu diperlukan pernberian soal latihan yang tidak nrtin agar konsep yang diperoleh siswa semakin dikuasai sehingga sFategi yang digwrakan adalah metode ekspositori tanya jawab dan pemberian tugas. Metode ekspositori digunakanm tuk memberikanp enjelasank epadas iswat ientangm ateri yang masih -ggup sulit dipahamis iswa r yka guru per.Ium enjelaskannyaM. etodet anya jawab digunakana gars iswat erlibat aktifdalam setiapp embel jarany aitu dengan cara guru mengajukanp ertanyaanp ancingand an siswad iharapkan mengemukakajna wabannya.s edangkanp emberiant ugasd igunakana gars iswa lebih mernahami setiap materi yang diaja an. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item View Item