Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menunjang pembelajaran pada materi pecahan di SMP kelas VII / Fajar Setyatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menunjang pembelajaran pada materi pecahan di SMP kelas VII / Fajar Setyatama

Setyatama, Fajar (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk menunjang pembelajaran pada materi pecahan di SMP kelas VII / Fajar Setyatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyatama Fajar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Menunjang pembelajaran pada Materi Pecahan untuk SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana Ph.D (II) Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata Kunci media pembelajaran Android bilangan pecahan Matematika adalah salah satu mata pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah tetapi siswa kesulitan dalam memahami konsep belajar matematika. Berdasarkan hasil wawancara kepada beberapa siswa kelas VII SMP PGRI 01 Singosari Malang diperoleh bahwa siswa cenderung kesulitan dalam bilangan pecahan. Walaupun bilangan pecahan telah dikenal sejak tingkat Sekolah Dasar. Penyampaian telah dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android. Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi proses penyampaian dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat bergerak (smartphone) dengan membuat media pembelajaran flash yang berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Android berupa media pembelajaran mandiri yang valid praktis dan efektif untuk menunjang pemahaman siswa ketika di dalam atau di luar kelas tentang pemahaman operasi pecahan pada materi pecahan di SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi bilangan pecahan. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan Plomp. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu produk di uji cobakan kepada pengguna yaitu 9 siswa SMP untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dari Hobri. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data uji kevalidan teknik analisis data uji kepraktisan dan teknik analisis data uji keefektifan pada media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kevalidan di peroleh nilai validasi dari ahli materi yaitu 3 14 dan validasi dari ahli media yaitu 3 06 maka produk dikategorikan valid. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kepraktisan diperoleh nilai rata-rata dari pengguna adalah 3 65 maka produk dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil analisis data pada uji keefektifan diperoleh 89% pengguna mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan minmum maka produk dikategorikan efektif. Oleh karena itu media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item