Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Dwi Kuncara Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Dwi Kuncara Setyawan

Setyawan, Dwi Kuncara (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Dwi Kuncara Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Dwi Kuncara. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Media Manipulatif untuk Memahamkan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd (II) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing media manipulatif lingkaran Dengan adanya kurikulum 2013 diharapkan siswa dapat memahami materi yang mereka pelajari dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar dan kemampuan siswa dalam memahami materi tidak terlepas dari perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Namun dalam kenyataannya perangkat pembelajaran yang digunakan guru belum mampu menfasilitasi aktivitas siswa dalam menemukan konsep matematika sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi. Untuk membantu siswa memahami materi juga diperlukan adanya penggunaan media manipulatif. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa kelas VIII pada materi lingkaran. Perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini mendorong peserta didik menggunakan pengetahuan awal mereka untuk merumuskan masalah mengajukan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan membuat kesimpulan melalui penyelidikan dengan bantuan media manipulatif sesuai bimbingan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi lingkaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari satu dosen matematika FMIPA UM dan dua guru matematika SMPN 11 Malang. Sedangkan uji kepraktisan dan keefektifan dilakukan melalui uji coba produk pada 34 orang siswa kelas VIII-D SMPN 11 Malang sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan satu orang observer. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) persentase rata-rata kevalidan RPP dan LKS adalah 85 % (2) persentase rata-rata kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut yaitu 92 53 % dan 85 88 % dan (3) persentase siswa subjek coba yang memperoleh nilai rata-rata uji kompetensi di atas KKM adalah 88 23 %. Dengan demikian perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa kelas VIII pada materi lingkaran telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item View Item