Walidah, Muflihatul (2015) Pengembangan media pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel berbasis Realistic Mathematics Education (RME) bagi siswa kelas VIII SMP / Muflihatul Walidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Walidah Muflihatul. 2015. PengembanganMedia PembelajaranSistemPersamaan Linear DuaVariabelBerbasis Realistic Mathematics Education (RME) bagiSiswaKelas VIII SMP. Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.EdyBambangIrawan M.Pd (II) Drs. Imam Supeno M.S. Kata Kunci Media pembelajaran sistempersamaan linear duavariabel realistic mathematics education (RME) Materisistempersamaan linear duavariabelmerupakanmateriyang diajarkanpadasiswakelas VIII SMP.Berdasarkanwawancaradengan guru SMP banyaksiswayang mendapatnilaikurangmaksimalpadamateriini karenamaterinyaabstrakdenganbanyaksimbol yang dioperasikanolehsiswatanpabenar-benarmengertimaknanya. Untukmencapaitujuanpembelajaranmaksimalpadamateriini diperlukanmediapembelajaran yang inovatifdanbermakna. Salah satumedia pembelajaraninovatifyang menjadikanbelajarbermaknaadalah media pembelajaransistempersamaan linear duavariabelberbasisRealistic Mathematics Education (RME).Media pembelajaranberbasis RME diharapkandapatmembuatsiswabelajardenganbermaknasertadapatmenerapkanmateri yang merekapelajaridalamkehidupannyata. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel berbasis RME yang valid danefektifbagi siswa kelas VIII SMP. Mediapembelajaran yang dikembangkanberupalembarkegiatansiswa yang disertaidengan slide powerpoint. Model pengembangan media yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel ini adalah model pengembangan Plomp dengan modifikasi. Data hasil validasimedia pembelajaran diperoleh dari penilaian validator ahli dan praktisi terhadap produk pengembangan yang telah disusun.Berdasarkan analisis data hasil validasi diperolehnilaivaliditaslembarkegiatansiswasebesar 3 29 yang berartilembarkegiatansiswa valid. Nilaivaliditas slide powerpointsebesar 3 18 yang berartibahwa slidepowerpointcukup valid dannilaivaliditasrubrikpenilaianlembarkegiatansiswasebesar 3 11 yang berarticukup valid. Hasilpengerjaanlembarkegiatansiswaolehdelapan orang siswamenunjukkansatusiswamendapatskor 8805 90yang berartiskorsangattinggidantujuhsiswamendapatskorpadarentang75sampaidengan 90 yang berartiskortinggi.Hal inijugamenunjukkanbahwalembarkegiatansiswaefektif.Selainitu hasilwawancarapenelitidengansiswaujimenunjukkanbahwasiswatertarikdansenangdengan media pembelajaran yang dikembangkan.Beberaparevisi dilakukanberdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba lapangan untuk perbaikan produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15623 |
Actions (login required)
View Item |