Hayati, Farida Arifa (2015) Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil beajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Laboratorium UM / Farida Arifa Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hayati Farida Arifa. 2015. Penerapan Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Santi Irawati M. Si Ph. D. Kata Kunci Problem Posing Hasil Belajar Matematika. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII-B SMP Laboratorium UM diketahui dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS) siswa hanya terdapat 13 dari 36 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kelemahan ini juga terlihat dari hasil pretes yang diberikan oleh peneliti yaitu hanya 2 siswa yang mencapai KKM. Dari hasil pretes tersebut siswa banyak mengalami kesulitan dalam menggambar grafik solusi persamaan garis lurus. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas VIII-B diketahui bahwa siswa hanya menghafal rumus yang diberikan oleh guru. Jika diberi soal yang berbeda dari contoh yang diberikan oleh guru siswa mengalami kesulitan. Dari observasi langsung saat pembelajaran diketahui bahwa hanya sedikit siswa yang menjawab atau bertanya kepada guru. Hal ini menunjukkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Laboratorium UM masih rendah. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada permasalahan ini peneliti menerapkan pembelajaran problem posing pada kelas VIII-B SMP Laboratorium UM. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi 1) data aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran problem posing yang berpedoman pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa 2) data catatan lapangan dan 3) data hasil tes hasil belajar matematika siswa dari tes akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Laboratorium UM dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu (1) penyampaian tujuan pembelajaran yaitu penyampaian tujuan pembelajaran dan motivasi dengan video contoh aplikasi persamaan garis lurus dalam kehidupan sehari-hari (2) pemberian pertanyaan pancingan untuk pengarahan awal menuju penemuan konsep (3) pembentukan kelompok belajar yaitu pembagian siswa ke dalam sembilan kelompok heterogen dengan masing-masing kelompok terdiri dari empat siswa (4) pemberian contoh soal yaitu guru memberikan contoh soal berdasarkan informasi yang tersedia (5) diskusi kelompok yaitu masing-masing kelompok mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru (6) pengajuan soal (problem posing) yaitu masing-masing kelompok mengajukan soal berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru (7) presentasi hasil diskusi yaitu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menanggapinya (8) penguatan materi yaitu guru memberikan penguatan materi dan membuat kesimpulan mengenai materi pembelajaran bersama siswa dengan memberikan pertanyaan pancingan. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM serta hasil observasi aktivitas guru dan siswa telah mencapai minimum baik. Pada siklus I persentase hasil belajar matematika siswa mencapai 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil observasi aktivitas guru pada kedua siklus sudah mencapai kategori sangat baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15605 |
Actions (login required)
View Item |