Pengembangan media interaktif berbantuan komputer dalam pembelajaran RME pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII / Ferry Ikhfa Megarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif berbantuan komputer dalam pembelajaran RME pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII / Ferry Ikhfa Megarini

Megarini, Ferry Ikhfa (2014) Pengembangan media interaktif berbantuan komputer dalam pembelajaran RME pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII / Ferry Ikhfa Megarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Megarini Ferry Ikhfa. 2014. Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Komputer dalam Pembelajaran RME pada Materi Perbandingan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. (II) Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran RME Perbandingan 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi perbandingan khususnya dalam materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai serta banyaknya aplikasi komputer yang mudah digunakan untuk membuat media interaktif. Media interaktif ini digunakan sebagai pendamping belajar siswa dalam pembelajaran RME sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dalam memahami materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yang dikenal dengan model 4-D (four D Model) yaitu (1) tahap pendefinisian (2) tahap perancangan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Akan tetapi penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap yang ketiga yaitu tahap pengembangan karena hanya sampai pada uji coba terbatas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media interaktif dengan nama Bintang Sekolah dalam bentuk satu file executable yang portable dan beberapa file pendukung. Hasil pengembangan media interaktif berbantuan komputer yang berkualitas adalah berdasarkan tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif. Media interaktif ini divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Ahli materi melibatkan satu dosen Matematika UM dan satu guru SMPN 21 Malang. Sedangkan ahli media melibatkan satu dosen Matematika UM. Uji coba terbatas dalam penelitian ini melibatkan sepuluh siswa SMPN 21 Malang. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi penelitian dan pengembangan dengan skala 1-4. Pada validasi materi diperoleh nilai rata-rata 3 77 validasi RPP diperoleh 3 615 dan validasi media diperoleh 3 481 sehingga media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Siswa juga memberikan respon yang tinggi terhadap media interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 3 9 sehingga media interaktif berbantuan komputer pada materi perbandingan ini memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan penilaian umum validator menyatakan media interaktif berbantuan komputer yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil pengerjaan tes evaluasi siswa menunjukkan semua siswa mendapat nilai 8805 75 (tuntas) sehingga media interaktif memenuhi kriteria efektif. Media interaktif berbantuan komputer memenuhi tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif maka media interaktif yang dikembangkan dapat disimpulkan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item View Item