Penerapan Relistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-H SMP Negeri 7 Malang / Sarismah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Relistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-H SMP Negeri 7 Malang / Sarismah

Sarismah (2013) Penerapan Relistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-H SMP Negeri 7 Malang / Sarismah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarismah. 2013. Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) untukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswapadaMateriSegitigaKelas VII-H SMP Negeri 7 Malang. Skripsi JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. SantiIrawati M.Si Ph.D (II) Dra. SusyKuspambudiAndaini M.Kom. Kata Kunci Realistic Mathematics Education (RME) Segitiga Prestasi Belajar. Prestasi belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 7 Malang masih terbilang rendah yaitu 60% dari seluruh siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk matematika yaitu 75. Guru sebagai seorang pendidik memiliki tanggung jawab yang cukup besar terkait dengan kegiatan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu guru harus mampu memilih strategi yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah Realistic Mathematics Education (RME). Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah kontekstual dan situasi kehidupan nyata untuk memperoleh dan mengaplikasikan konsep matematika. Karakteristik dari RME adalah menggunakan masalah kontekstual menggunakan model menggunakan kontribusi siswa interaktivitas dan penjalinan/pengaitan. Sedangkan prinsip utama dari RME antara lain (1) Guided Reinvention and Progressive Mathemathizing (2)Didactical Phenomenology (3) Self- Developed Models. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan RME untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang pada materi segitiga. Penelitian dilaksanakan pada akhir semester II tahun ajaran 2012/2013 (mei 2013). Tempat penelitian di SMP Negeri 7 Malang. Penerapan RME pada materi segitiga dalam penelitian ini telah dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan. Siklus II yang terdiri dari 1 pertemuan dilaksanakan untuk memperbaiki kekurangan dan hambatan dalam pembelajaran segitiga dengan penerapan RME pada siklus I. HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanRealistic Mathematics Education (RME) dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamaterisegitiga.Hal inididukungdenganadanyapeningkatandariskortes akhirsiklus I (50%) denganskortesakhir siklus II (87.5%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item