Implementasi pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada materi bangun ruang / Fathimatuzzahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada materi bangun ruang / Fathimatuzzahro

Fathimatuzzahro (2013) Implementasi pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada materi bangun ruang / Fathimatuzzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fathimatuzzahro. 2013. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang Pada Materi Bangun Ruang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc. Kata kunci matematika realistik Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 21 Malang diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 21 Malang masih belum maksimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang menunjukkan bahwa 55 3% nilai tes siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 73. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran matematika realistik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika realistik pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus yaitu 4 pertemuan. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 21 Malang. Data penelitian hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir pokok bahasan dan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tes 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 60 5% sedangkan pada tes 2 meningkat menjadi 81 6%. Hasil belajar siswa pada tes mengalami persentase peningkatan sebesar 21 1%. Untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui wawancara dengan subjek wawancara yaitu siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah menunjukkan telah mencapai penguasaan materi lebih baik dari sebelumnya. Pada wawancara 1 rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 69 17 % sedangkan pada wawancara 2 sebesar 85 83% dan mengalami peningkatan sebesar 16 66 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item