Junaedi, Edi (2013) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan jurnal belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bangun ruang pada siswa SMP Negeri 10 Malang kelas VIII-H / Edi Junaedi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Junaedi Edi . 2013. Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Pada Siswa SMP Negeri 10 Malang Kelas VIII-H. Skripsi jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Askury M.Pd. (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata kunci Jurnal Belajar Prestasi Belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran bangun ruang di kelas VIII-H SMP Negeri 10 Malang diketahuibahwa di kelas ini siswa kurang menyukai pembelajaran bangun ruang hal ini terlihat dari antusias siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat kurang siswa bersifat pasif siswa kurang terbuka terhadap gurunya. Sehingga siswa kurang berpestasi dalam belajarnya yang berpengaruh terhadap hasil belajar nya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan jurnal belajar. Jurnal belajar dapat dimanfaat kan siswa sebagai alat komonikasi dengan guru dimana siswa akan merasa lebih dekat dengan guru. Demikian juga guru akan lebih memahami kebutuhan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus belajar.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan obsevasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan jurnal belajar dinilai kurang berhasil hal ini bias dilihat dari masih kurangnya pemanfaatan jurnal belajar olehsiswa. Namun penerapan jurnal belajar cukup meningkat prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yang di peroleh dengan melihat rata-rata nilai tes siswa dari 42 18 padasiklus I menjadi 63 08 padasiklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |