Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi kesebangunan untuk siswa kelas IX SMP / Ayu Erma Kartika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi kesebangunan untuk siswa kelas IX SMP / Ayu Erma Kartika Dewi

Dewi, Ayu Erma Kartika (2013) Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi kesebangunan untuk siswa kelas IX SMP / Ayu Erma Kartika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi A.E.K. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer pada Materi Kesebangunan untuk Siswa Kelas IX SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Darmawan Satyananda S.T M.T (II) Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata Kunci media pembelajaran komputer kesebangunan Kesebangunan adalah salah satu konsep matematika yang penting untuk dipelajari. Dalam kehidupan sehari-hari banyak aplikasi tentang konsep kesebangunan antara lain pembuatan denah atau replika bangunan pembuatan pola batik pembuatan sketsa hasil pencerminan menghitung tinggi bangunan yang tidak terjangkau dan sebagainya. Namun pada kenyataannya sebagian orang khususnya siswa kurang memahami konsep dari kesebangunan sehingga mereka mengalami kesulitan menyelesaikan soal yang berhubungan dengan konsep kesebangunan. Salah satu usaha untuk membantu memahamkan siswa terhadap materi adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam beberapa tahun ini mulai banyak dikembangkan media pembelajaran berbantuan komputer. Selain untuk membantu memahamkan materi dengan media pembelajaran berbantuan komputer pembelajaran yang terjadi dapat lebih menarik efektif dan efisien. Berdasarkan paparan tersebut pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi kesebangunan yang berkualitas baik serta membantu memahamkan materi pada siswa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan diadaptasi dari dari metode penelitian dan pengembangan menurut Alessy dan Trollip yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi (1) menentukan kebutuhan dan tujuan pengembangan program (2) mengumpulkan referensi terkait dengan materi teori belajar dan pengembangan media (3) mempelajari isi atau pendalaman materi (4) menghasilkan gagasan atau ide (5) pengembangan dan pembuatan program pembelajaran (6) perancangan dan pembuatan diagram alir (7) pembuatan storyboard program (8) pembuatan program materi (9) membuat bahan pendukung dan (10) evaluasi dan revisi program. Pada penelitian ini data yang diperoleh dianalisis tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan guna menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas baik. Uji coba dalam penelitian ini termasuk uji coba terbatas karena hanya diujicobakan kepada 9 siswa kelas VIII SMP. Hasil dari penelitian dan pemngembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sudah berkualitas baik dan dapat membantu memahamkan konsep materi kesebangunan pada siswa. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan yaitu sebagai berikut (1) Kriteria kevalidan yang disimpulkan dari validasi materi menunjukkan media pembelajaran ini sangat valid (90 18%) sedangkan berdasarkan validasi media menunjukkan kriteria yang valid (78 85%). (2) Kriteria kepraktisan dari media pembelajaran ini berdasarkan hasil evaluasi pengguna adalah baik yaitu 67% pengguna mencapai ketuntasan dengan nilai minimal 70 sedangkan berdasarkan ahli dan hasil pengamatan aktivitas pengguna media ini dapat digunakan dengan sedikit revisi. (3) Kriteria keefektifan menunjukkan media pembelajaran ini mendapatkan respon yang sangat positif (91 13%) dari pengguna. (4) Media pembelajaran ini dapat membantu memahamkan materi kepada siswa dilihat dari tabulasi hasil evaluasi pengguna menunjukkan bahwa 67% dari pengguna tuntas sedangkan berdasarkan respon pengguna menunjukkan rata-rata akhir adalah 3 64.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item