Yosep (2013) Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yosep. 2013. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang Pada Materi Gradien dan Persamaan Garis Lurus Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Pembimbing (II) Aning Wida Yanti S.Si. M.Pd Kata Kunci Model pembelajaran learning cycle Keaktifan belajar siswa. Paradigma baru tentang pendidikan sekarang ini menekankan pada peserta didik sebagai manusia yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang. Berdasarkan informasi dari guru matematika kelas VIII-D di SMPN 10 Malang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran matematika di kelas tersebut masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil tersebut persentase siswa yang aktif sebesar 40% dengan kategori keaktifan berada dalam tahap kurang aktif . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran learning cycle yang dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-D di SMPN 10 Malang. Keaktifan belajar matematika siswa ini adalah yang akan diteliti pada penelitian ini secara berkelompok dengan menerapkan lima langkah dalam model pembelajaran learning cycle yaitu fase Engagement fase Exploration fase Explanation fase Extention/elaboration dan fase Evaluation. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa nilai aktivitas guru dan keaktifan siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil aktivitas guru dan keaktifan siswa pada siklus I secara klasikal adalah 76 6% hal ini menunjukkan aktivitas guru dalam kategori baik sedangkan keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 65 3% hasil ini belum sesuai dengan harapan peneliti yaitu minimal yang diperoleh adalah aktif . Berdasarkan hasil refleksi dari siklus I peneliti memaksimalkan lagi dalam pendampingan diskusi kelompok untuk siklus II. Pada siklus II ini menunjukkan peningkatan berdasarkan hasil lembar observasi dengan kegiatan aktivitas guru secara klasikal diperoleh 81 5% dan berkategori baik sedangkan keaktifan belajar siswa secara klasikal diperoleh sebesar 88% hal ini melebihi dengan harapan peneliti karena mencapai kategori sangat aktif .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |