Pembelajaran melalui strategi REACT berbantu Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga (jarak) siswa kelas X semester genap SMA Negeri 10 Malang / Meisa Yasmita Pradani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran melalui strategi REACT berbantu Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga (jarak) siswa kelas X semester genap SMA Negeri 10 Malang / Meisa Yasmita Pradani

Pradani, Meisa Yasmita (2013) Pembelajaran melalui strategi REACT berbantu Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga (jarak) siswa kelas X semester genap SMA Negeri 10 Malang / Meisa Yasmita Pradani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran strategi REACT Cabri 3D hasil belajar jarak. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 10 Malang pada materi dimensi tiga masih rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan selama ini masih dilakukan secara konvensional yaitu guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered). Selain itu penggambaran benda dimensi tiga masih menggunakan media papan tulis sehingga siswa sulit membayangkan benda dimensi tiga yang begitu abstrak. Berdasarkan hal tersebut peneliti berinisiatif menerapkan pembelajaran melalaui strategi REACT berbantuan media Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-7 SMA Negeri 10 Malang. Pembelajaran melalui strategi REACT merupakan salah satu pembelajaran kontekstual yang memiliki lima aspek yaitu relating experiencing applying cooperating dan transferring. Dalam pembelajaran ini siswa dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan sesuatu yang telah diketahui siswa dengan kegiatan hand-on (mengotak-katik atau memanipulasi) dan sedikit keterangan guru siswa menemukan pengetahuan baru siswa menerapkan pengetahuannya pada situasi nyata siswa memecahkan masalah dalam team untuk menguatkan pengetahuan mereka serta siswa menerapkan yang telah mereka pelajari untuk dilakukan transfer ke situasi baru sesuai konteksnya. Dalam pembelajaran tersebut juga disisipkan program Cabri 3D sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk membantu siswa memvisualisasikan benda-benda dimensi tiga menjadi lebih konkrit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis Mc Taggart dengan tahapan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan materi jarak antara dua titik dan jarak antara titik dan garis pada siklus pertama sedangkan pada siklus kedua pada materi jarak antara titik dengan bidang. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa diukur melalui tes tertulis pada setiap akhir siklus. Analisis dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kauntitatif. Data kualitatif (berupa kata atau kalimat) digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap. Analisis kuantitatif ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara perlahan. Peningakatan tersebut terjadi dari nilai awal siswa menuju nilai tes siklus I hingga siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebesar 17 2% dari nilai awal siswa dengan ketuntasan klasikal meningkat dari 21 1% menjadi 42 7% yaitu meningkat dari taraf Sangat Rendah menjadi Rendah . Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 28% dari nilai awal siswa dengan ketuntasan klasikal meningkat dari 21 1% menjadi 78 8% yaitu meningkat dari taraf Sangat Rendah menjadi Baik . Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran melalui strategi REACT berbantuan media Cabri 3D meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item