Pengembangan bahan ajar matematika dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan persamaan kuadrat untuk SMK kelas X / Eny Yuliatiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matematika dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan persamaan kuadrat untuk SMK kelas X / Eny Yuliatiningsih

Yuliatiningsih, Eny (2013) Pengembangan bahan ajar matematika dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan persamaan kuadrat untuk SMK kelas X / Eny Yuliatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eny. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat untuk SMK Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Indriyati Nurul Hidayah S.Pd M.Si (II) Drs. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci bahan ajar penemuan terbimbing persamaan kuadrat Berdasarkan pengamatan lapangan dan wawancara dengan beberapa guru matematika kelas X SMK Sriwedari persamaan kuadrat adalah salah satu materi yang sulit dalam matematika. Menurut beberapa siswa persamaan kuadrat sebenarnya hanya memiliki beberapa rumus untuk diingat namun penerapannya sangat rumit dan membuat sebagian besar siswa bingung. Sumber belajar yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri secara optimal. Dari kenyataan ini penulis mengembangkan suatu bahan ajar matematika yang memuat pokok bahasan persamaan kuadrat untuk kelas X. Bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan fakta ini penulis melakukan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar yang berkaitan dengan persamaan kuadrat untuk mendampingi penerapan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing. Tiga fase yang dilakukan untuk melihat efektivitas dari materi. Pertama bahan ajar ini disahkan oleh dua guru dan satu dosen universitas. Kedua bahan pengajaran kemudian diujicobakan kepada sekelompok siswa yaitu 5 siswa. Untuk melihat tingkat pemahaman siswa tentang topik mereka dinilai menggunakan tes. Selain itu mereka juga diberi angket untuk mengungkapkan persepsi mereka tentang efektivitas bahan ajar ini. Akhirnya skor yang diperoleh dari tahap pertama dan kedua dikombinasikan dengan hasil tes siswa yang berkaitan dengan isi yang terkandung dalam bahan ajar ini kemudian dianalisis dan tingkat efektifitas bahan ajar ini kemudian ditentukan. Dari tahap I guru dan dosen menyatakan bahwa bahan ajar ini adalah valid. Skor rata-rata dari mereka adalah 3 41 dari 4. Dari tahap II persepsi siswa tentang efektivitas bahan ajar ini juga berlaku yaitu 3 04 dari 4. Akhirnya dari fase III terungkap bahwa nilai dari bahan ajar ini adalah 81 45 dari 100. Jadi bahan ajar ini terbukti menjadi bahan ajar yang valid dan efektif. Berdasarkan hasil di atas disarankan untuk menggunakan bahan ajar sebagai sumber belajar. Namun pemanfaatan bahan ajar ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kondisi dan karakter siswa. Untuk pengetahuan lebih lanjut disarankan untuk mencoba hasil pembangan kepada kelompok yang lebih besar dan beragam siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item