Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil

Jamil, Anis Farida (2012) Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Belajar Kooperatif TGT yang Dimodifikasi Hasil Belajar. Berdasarkan hasil pembagian angket kepada 32 siswa kelas VII bilingual dan wawancara kepada guru Matematika SMPN 1 Leces sebelum dilakukan penelitian diketahui bahwa dalam proses kegiatan pembelajaran Matematika di SMPN 1 Leces lebih sering menggunakan metode ceramah. Hal tersebut berdampak pada minimnya hasil belajar siswa. Selain itu 19 siswa mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Ketuntasan belajar klasikal minimum yang ditetapkan oleh SMPN 1 Leces adalah 75% dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai minimum 75 (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dari data yang diperoleh diketahui ketuntasan belajar klasikal siswa adalah 22% dengan kata lain ada 7 siswa yang tuntas dari 32 siswa. Hal ini menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sangatlah minim. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa khususnya materi geometri yaitu segiempat dan segitiga dengan menerapkan belajar kooperatif model TGT yang dimodifikasi. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan penerapan belajar kooperatif model TGT yang dimodifikasi di SMPN 1 Leces. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan di SMPN 1 Leces dengan subjek siswa kelas VII bilingual yang terdiri dari 32 siswa. Data diperoleh dari nilai tes hasil belajar pada akhir setiap siklus hasil observasi aktivitas siswa dan guru dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 80% dari banyaknya siswa memperoleh nilai tes lebih besar atau sama dengan 75. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 47%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa namun penelitian dilanjutkan pada siklus II dikarenakan belum memenuhi kriteria keberhasilan. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa adalah 81%. Sehingga dapat disimpulkan penelitian penerapan belajar kooperatif model TGT yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item