Perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran dengan menggunakan model geometri Van Hielle dan ekspositori di SMP Negeri 4 Malang / Nurita Primasatya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran dengan menggunakan model geometri Van Hielle dan ekspositori di SMP Negeri 4 Malang / Nurita Primasatya

Primasatya, Nurita (2012) Perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran dengan menggunakan model geometri Van Hielle dan ekspositori di SMP Negeri 4 Malang / Nurita Primasatya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar garis singgung lingkaran model Geometri van Hiele metode Ekspositori Dari hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 4 Malang selama mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terlihat bahwa banyak siswa yang hanya sekedar menghafalkan rumus yang terdapat pada materi geometri sehingga menjadikan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang lebih komplek. Setelah dilakukan tanya jawab dengan siswa siswa mengaku bahwa mereka sering mengambil jalan pintas yaitu dengan menghafalkan rumus yang ada ketika mengerjakan soal. Akibatnya dalam hal hasil belajar siswa kurang mengalami perubahan yang signifikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa adalah dengan mengubah model pembelajarannya yaitu model pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap berpikir siswa sehingga siswa mampu memahami materi yang dipelajari secara utuh. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas yang salah satu kelas menggunakan model Geometri van Hiele dan yang lain menggunakan metode ekspositori. Hal ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui perbedaan hasil belajar perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran dengan menggunakan model Geometri van Hiele dan ekspositori yang dilakukan di SMP Negeri 4 Malang. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Malang sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D. Dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang belajar materi garis singgung lingkaran dengan menggunakan model Geometri van Hiele lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15495

Actions (login required)

View Item View Item