Rizal, Ony Syaiful (2012) Penerapan strategi react dengan setting problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMPN 1 Malang (RSBI) pada materi garis singgung lingkaran / Ony Syaiful Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci REACT Problem Based Learning (PBL) hasil belajar Menurut hasil pengamatan dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII di SMPN 1 Malang pembelajaran selama ini terutama untuk materi garis singgung lingkaran masih menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung menghafal rumus untuk menentukan panjang ruas garis singgung lingkaran. Siswa sering terjebak dalam penggunaan rumus karena sebagian siswa menggunakan rumus tanpa mengetahui dari mana rumus tersebut diperoleh. Selain itu siswa juga sering tidak memperhatikan sifat ketegaklurusan garis singgung lingkaran terhadap diameter/jari-jari lingkaran yang melalui titik singgung lingkaran. Akhirnya siswa juga mengalami kesalahan dalam penerapan teorema Pythagoras dalam menentukan panjang ruas garis singgung lingkaran. Dari semua hal tersebut sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak nilai tes siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan di SMPN 1 Malang. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran melalui strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) dengan setting PBL (Problem Based Learning) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Pengamatan/Observasi dan (4) Refleksi. Pengambilan data penelitian diambil pada bulan Februari-Maret 2012. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tiap akhir siklus catatn lapangan dan lembar observasi guru dan siswa. Penelitian menghasilkan langkah-langkah pembelajaran yaitu (1) Relating di mana peneliti menjelaskan kembali materi prasyarat yang berhubungan dengan materi garis singgung lingkaran. (2) Experiencing di mana peneliti mengorientasi-kan siswa pada masalah selanjutnya meminta siswa melakukan kegiatan pada lembar aktivitas yang yang akan menuntun siswa dalam menemukan rumus garis singgung lingkaran. (3) Applying di mana peneliti meminta siswa mengaplikasi-kan rumus yang didapat setelah mengalami pada tahap experiencing. (4) Cooperating di mana peneliti mengorganisasikan siswa untuk belajar yaitu dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 orang. Selanjutnya siswa mengerjakan LKS bersama kelompok dengan dibimbing oleh guru. Setelah selesai berdiskusi siswa diminta mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (5) Transferring di mana peneliti memberikan latihan soal untuk menguji pemahaman siswa pada materi garis singgung lingkaran. Selanjutnya guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang mereka gunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata kelas dari hasil belajar ranah kognitif adalah 72 91 dan persentase banyak siswa yang tuntas belajar ranah kognitif sebesar 58 62%. Karena persentase ini kurang dari 75% maka tindakan harus dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas dari hasil belajar ranah kognitif adalah 81 53 dan persentase banyak siswa yang tuntas belajar ranah kognitif 82 76%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) dengan setting PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas VIII-E SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini masih banyak terdapat kekurangan diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat memperbaiki dan menindaklanjuti semua kekurangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15483 |
Actions (login required)
View Item |