Supandi, Imam (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGP ( Tame Game Tournament ) pada pokok bahasan segi empat di kelas VII SMP NEGRI 20 Malang / imam Supandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci TGT( Team Game Tournament ) Segi Empat Hasil Belajar Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SMPN 20 Malang selama menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diketahui bahwa kegiatan belajar di kelas masih berpusat pada guru serta kurang adanya variasi metode pembelajaran. Lebih lanjut hasil wawancara peneliti dengan guru kelas VII di SMPN 20 Malang menyebutkan bahwa dalam menyampaikan materi segi empat beliau hanya menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan seperti pembelajaran biasanya yaitu menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Hal itu mengakibatkan siswa kurang mandiri dan semangat dalam belajar matematika.oleh karena itu perlu kiranya dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa lebih mandiri dan bersemangat. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi hal tersebut adalah TGT (Teams Games Tournament). Dalam TGT pembelajaran berpusat pada siswa dan membantu sesama temannya bekerja sama dengan baik sehingga siswa akan lebih bersemangat dengan pemainan dan reward. Tujuan penelitian ini yang dilakukan adalah menghasilkan suatu rancangan pembelajaran pokok bahasan segi empat dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2011 dengan subjek penelitian adalah siswa VII SMP Negeri 20 Malang. Pembelajaran TGT dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan utama yaitu (1) kegiatan awal meliputi guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi segiempat guru memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari dan guru memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya materi segiempat melalui pemberian masalah sehari-hari yang sesuai dengan materi (mengajar) (2) kegiatan inti meliputi kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok yang heterogen guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) yang berisi masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi segiempat guru mengarahkan siswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan siswa mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah siswa berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang ada di LKS dengan anggota kelompoknya masing-masing guru membimbing dan memberikan bantuan kepada siswa atau kelompok yang menemui kesulitan beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memberi tanggapan dan membandingkan jawaban kelompoknya dengan jawaban kelompok penyaji(Belajar Kelompok) guru melaksanakan permainan (game) yang diturnamenkan (3) kegiatan akhir meliputi memberikan penghargaan (reward) evaluasi terhadap jawaban siswa dan berdiskusi dengan siswa dan mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang telah dilakukan Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes dari 38 siswa (mengikuti tes) kelas VII-I yaitu 86 (berada pada taraf penguasaan materi baik) dengan banyaknya siswa yang lulus KKM adalah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini TGT layak dipertimbangkan sebagai alternative pembelajaran matematika pada pokok bahasan segi empat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15460 |
Actions (login required)
View Item |