Memahamkan siswa tentang materi bangun datar di kelas V SD Negeri Binangun 01 dengan media papan berpaku / Deni Lucky Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan siswa tentang materi bangun datar di kelas V SD Negeri Binangun 01 dengan media papan berpaku / Deni Lucky Lestari

Lestari, Deni Lucky (2011) Memahamkan siswa tentang materi bangun datar di kelas V SD Negeri Binangun 01 dengan media papan berpaku / Deni Lucky Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman media papan berpaku bangun datar. Berdasarkan dialog informal dengan Bapak Sutomo selaku guru kelas V di SD Negeri Binangun 01 diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika dengan media papan berpaku belum pernah diterapkan pada pembelajaran matematika. Bapak Sutomo menyatakan bahwa materi yang berkaitan dengan geometri misalnya pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang serta volume kubus dan balok yang telah diajarkan pada semester gasal belum dapat sepenuhnya dipahami oleh siswa. Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi misalnya (1) siswa belum dapat membedakan bentuk-bentuk segiempat contohnya membedakan layang-layang dengan belah ketupat (2) siswa sudah mengerti bagaimana mencari luas layang-layang ketika panjang diagonalnya diketahui namun terkadang siswa belum dapat menentukan panjang diagonal ketika luas panjang salah satu diagonalnya diketahui. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Binangun 01 yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika untuk memahamkan siswa tentang materi bangun datar dengan media papan berpaku di kelas tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V-A semester genap tahun ajaran 2010/2011. Data diperoleh dari data nilai UAS siswa hasil pekerjaan siswa hasil pengamatan dan hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran matematika dengan bantuan media papan berpaku dapat memahamkan siswa tentang materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan klasikal pada siklus II yang mencapai 91 13% dengan rata-rata nilai tes siswa 88 13 dan kesalahan konsep hanya sedikit. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah (1) jika guru yang menggunakan media papan berpaku dalam pembelajaran dan membuat sendiri media tersebut hendaknya mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut keamanan serta keefektifan penggunaannya (2) hendaknya guru dapat memilih papan berpaku yang relevan dengan materi yang akan diajarkan (menggunakan papan berpaku persegi papan berpaku segitiga atau papan berpaku bundar) (3) hendaknya menggunakan karet yang berwarna-warni terbuat dari bahan yang tidak mudah putus dan ukuran yang beraneka ragam (4) hendaknya guru mengatur waktu dengan cermat dan mempersiapkan segala keperluan agar pembelajaran terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item