Setyorini, Dwi (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Dwi Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Teams Games Tournament (TGT) hasil belajar. Berdasarkan observasi awal selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan melalui wawancara dengan salah satu guru matematika kelas X-5 SMAN 9 Malang diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Proses pembelajaran matematika di SMAN 9 Malang masih berpusat pada guru dengan metode ceramah dan pengerjaan soal secara individu. Siswa kurang bersemangat untuk belajar matematika. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak nilai tes siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan di SMAN 9 Malang. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. TGT ( Teams Games Tournament) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan adanya kerjasama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. TGT mempunyai ciri khas adanya turnamen dan kemudian pemberian penghargaan sehingga diharapkan siswa akan lebih termotivasi dan bersemangat belajar serta berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan menggunakan TGT untuk melihat hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 9 Malang pada materi menentukan besar sudut antara garis dan bidang serta antara bidang dan bidang dalam ruang dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2011. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan penyajian kelas (mengajar) selanjutnya guru mengorganisasikan siswa untuk belajar kelompok kemudian diadakan turnamen dan siswa memainkan pertandingan akademik diakhiri dengan penghargaan kelompok dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas belajar dalam subpokok bahasan menentukan besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga adalah 64 71% sedangkan pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas belajar dalam subpokok bahasan menentukan besar sudut antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga adalah 82 35%. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TGT secara keseluruhan mendapat penilaian dari observer sebesar 62 5% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 82 29%. Dalam analisis persentase skor rata-rata observer tersebut menunjukkan bahwa aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik untuk siklus I dan kategori sangat baik untuk siklus II. Aktivitas guru selama pembelajaran kooperatif tipe TGT secara keseluruhan mendapat penilaian dari observer sebesar 71 82% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 83 33%. Dalam analisis persentase skor rata-rata observer tersebut menunjukkan bahwa aktivitas guru termasuk dalam kategori baik untuk siklus I dan kategori sangat baik untuk siklus II. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Negeri 9 Malang untuk mata pelajaran matematika adalah 75. Berdasarkan ketuntasan pembelajaran di SMA Negeri 9 Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurangkurangnya 75% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |