Implementasi pembelajaran problem posing tipe within solution posing untuk meningkatkan kektifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading / Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran problem posing tipe within solution posing untuk meningkatkan kektifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading / Mariana

Mariana (2011) Implementasi pembelajaran problem posing tipe within solution posing untuk meningkatkan kektifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading / Mariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem posing tipe within solution posing persamaan garis lurus keaktifan belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Ampelgading menunjukkan bahwa siswa-siswa SMP Negeri 1 Ampelgading kurang aktif dalam belajar matematika siswa cenderung lebih pasif sehingga terkesan hanya guru yang berperan aktif dalam belajar. Aktivitas siswa kurang didayagunakan sehingga siswa hanya datang duduk dan mendengarkan. Pembelajaran matematika yang diterapkan masih bersifat konvensional siswa masih sepenuhnya tergantung pada peran guru sehingga siswa nampak pasif karena mereka tidak terlibat langsung dalam aktivitas belajar. Ketidakaktifan siswa dapat disebabkan karena metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga perlu di terapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 1 Ampelgading. Melalui pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Persamaan Garis Lurus di kelas VIII SMP Negeri 1 Ampegading. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2010/2011 dan dilaksanakan pada bulan November 2010 dan berlangsung dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap tindakan (3) tahap observasi dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan temuan penelitian dapat diketahui bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kriteria yang ditetapkan peneliti yaitu 80% dari banyaknya siswa. Pada siklus I ini persentase banyak siswa yang aktif adalah 61 77% pada pertemuan ke-1 dan 69 44% pada pertemuan ke-2. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II persentase banyak siswa yang aktif adalah 82 86% berarti keaktifan belajar siswa meningkat. Dari temuan penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item