Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif model two stay dengan teknik talking stick pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasuruan / Windah Silfiyanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif model two stay dengan teknik talking stick pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasuruan / Windah Silfiyanah

Silfiyanah, Windah (2011) Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif model two stay dengan teknik talking stick pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasuruan / Windah Silfiyanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray teknik Talking Stick keaktifan siswa. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pasuruan menunjukkan bahwa siswa kurang aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung khususnya pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas kurang bervariasi dan berpusat pada guru. Oleh karena itu pengajaran matematika di sekolah perlu diperbarui di mana siswa diberikan porsi lebih banyak dalam kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan guru bahkan siswa harus dominan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dengan teknik Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan siswa pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pasuruan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap antara lain (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan (Observasi) dan (4) Refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus 1 belum memenuhi kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu banyaknya siswa aktif adalah 85% dari seluruh siswa. Presentase keaktifan belajar siswa pada pertemuan ke-1 sebanyak 61 11% dan pada pertemuan ke-2 sebanyak 75%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 presentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 83 33% pada pertemuan ke-1 dan pada pertemuan ke-2 sebanyak 91 66%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dengan teknik Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item