Widyaningrum, Rima Anisa (2011) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP / Rima Anisa Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif lingkaran. Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti diperoleh data mengenai situasi dan kondisi pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Malang. Temuan yang didapatkan penulis adalah minat dan motivasi siswa kurang untuk belajar menggunakan buku paket pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika kelas VIII serta pembelajaran yang diterapkan masih konvensional. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran untuk siswa tentang materi lingkaran. Materi ini dirasa sulit oleh siswa dan selama ini pembelajaran matematika belum pernah menggunakan media berbasis multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mendiskripsikan proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis (2) mendiskripsikan cara pengujian media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan menurut Stephen M. Alessi dan Stanley R.Trollip yaitu menentukan tujuan dan kebutuhan mengumpulkan bahan acuan mempelajari isi materi membangkitkan ide mendesain pembelajaran membuat flowchart materi membuat story board pada kertas memprogram materi membuat materi pendukung evaluasi dan revisi. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini telah diuji kevalidannya dan kepraktisannya. Subjek uji coba dalam pengembangan media terdiri dari lima orang validator (ahli materi dan ahli Teknologi Informasi) dan lima belas siswa sebagai pengguna saat uji coba produk. Dari data kuantitatif hasil analisis data hasil validasi Ahli Materi dan Ahli Teknologi Informasi didapatkan persentase validasi adalah 93 35% dan 77 06% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan dari data kuantitatif hasil analisis data hasil uji kepraktisan oleh pengguna didapat presentase kepraktisan adalah 90 41% dengan kriteria sangat praktis. Data kualitatif yang berupa saran dan komentar dari validator dan pengguna akan dijadikan pertimbangan peneliti dalam revisi media. Berdasarkan hasil penelitian penulis mengharapkan kepada peneliti lainnya untuk melaksanakan penelitian sejenis dengan materi dan permasalahan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15425 |
Actions (login required)
View Item |