Putri, Octavina Rizky Utami (2011) Penerapan pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dengan mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Octavina Rizky Utami Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci CTL mind mapping kreativitas. Setiap individu secara alamiah memiliki potensi kreativitas. Potensi ini akan terpendam apabila tidak dikembangkan. Berdasarkan wawancara dengan seorang guru matematika kelas VIII SMP Negeri 8 Malang pembelajaran matematika berpusat pada guru. Guru menjelaskan materi kemudian siswa mencatat penjelasan guru dan tidak ada kreativitas pada saat menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran CTL dengan mind mapping yang dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penilaian kreativitas meliputi kefasihan fleksibelitas orisinalitas dan kerincian dalam menyelesaikan masalah. Kreativitas dikatakan meningkat apabila kreativitas siswa minimal tergolong cukup kreatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pretest dengan kategori kreativitas sangat kreatif kreatif dan cukup kreatif sebesar 11 36 % sedangkan kurang kreatif dan tidak kreatif sebesar 88 64 %. Kreativitas siswa pada postes siklus I dengan kategori kreativitas sangat kreatif kreatif dan cukup kreatif sebesar 72 72 % sedangkan kurang kreatif dan tidak kreatif sebesar 27 28 %. Kreativitas siswa pada postes siklus II dengan kategori kreativitas sangat kreatif kreatif dan cukup kreatif sebesar 100% dan tidak kategori kreativitas kurang kreatif dan tidak kreatif . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dengan mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Peneliti menyarankan agar pembelajaran CTL dengan mind mapping tidak hanya diterapkan pada materi kubus dan balok tetapi juga diterapkan pada pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15410 |
Actions (login required)
View Item |