Analisis pengorganisasian materi pada buku teks matematika kelas X bilingual berdasarkan desain pembelajaran model SOI (selecting, organizing, and integrating) / Lilik Muzdalifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengorganisasian materi pada buku teks matematika kelas X bilingual berdasarkan desain pembelajaran model SOI (selecting, organizing, and integrating) / Lilik Muzdalifah

Muzdalifah, Lilik (2011) Analisis pengorganisasian materi pada buku teks matematika kelas X bilingual berdasarkan desain pembelajaran model SOI (selecting, organizing, and integrating) / Lilik Muzdalifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis pengorganisasian buku teks bilingual model SOI Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional. Hal ini melandasi berkembangnya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia. Dalam prakteknya RSBI membutuhkan buku teks matematika yang dapat membimbing siswa aktif mengkonstruksi pengetahuan. Santyasa (2004) telah membuktikan bahwa desain pembelajaran model SOI (Selecting Organizing and Integrating) dapat mempercepat proses kognitif dalam konstruksi pengetahuan sehingga dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan buku teks yang dibutuhkan RSBI. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesesuaian pengorganisasian materi pada buku teks matematika kelas X bilingual berdasarkan desain pembelajaran model SOI Penelitian ini menganalisis kesesuaian pengorganisasian materi pada buku teks Mar dan Ach berdasarkan desain pembelajaran model SOI secara deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dalam beberapa aspek yaitu (i) analisis data pada aspek selecting (ii) analisis data pada aspek organizing dan (iii) analisis data pada aspek integrating. Dari hasil analisis ditentukan tingkat keterdukungan percepatan proses kognitif pada masing-masing aspek kemudian ditentukan tingkat kesesuaian pengorganisasian materi pada masing-masing buku teks dengan desain pembelajaran model SOI untuk ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian materi pada buku teks Mar mendukung sangat mendukung dan kurang mendukung percepatan proses kognitif berturut-turut pada aspek selecting organizing dan integrating. Di pihak lain pengorganisasian materi pada buku teks Ach sangat mendukung mendukung dan mendukung percepatan proses kognitif berturut-turut pada aspek selecting organizing dan integrating. Persentase tingkat kesesuaian pengorganisasian materi pada buku teks Mar dan Ach secara berturut-turut mencapai 66 67% dan 77 78%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian materi pada kedua buku teks sesuai dengan desain pembelajaran model SOI. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru dan siswa kelas bilingual untuk menggunakan buku teks matematika dengan pengorganisasian materi yang sesuai dengan desain pembelajaran model SOI. Selain itu disarankan bagi para penulis buku teks matematika untuk siswa kelas bilingual agar menyusun buku teks dengan pengorganisasian materi yang lebih sesuai dengan desain pembelajaran model SOI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item