Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perolehan Pengalaman Belajar dari Sekolah dan Industri Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari. - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perolehan Pengalaman Belajar dari Sekolah dan Industri Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari.

Hakim, Abdul (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perolehan Pengalaman Belajar dari Sekolah dan Industri Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PengalamanBelajarmerupakansuatupengalaman yang didapatkansiswadandapatdijadikandalammenjalanikehidupansehari-hari.Pengalamanbelajarbisadidapatkandarimanasaja, diantaranyamelaluipraktikkerjaindustri yang diselenggarakanolehSekolahMenengahKejuruan (SMK).Progampraktikkerjaindustrimerupakanprogamwajib yang harusdiikutiolehseluruhsiswa di SMKN.Denganmelakukanpraktikkerjaindustrisiswadiharapkanmendapatkanbanyakpengalamanbelajarsehingganantinyadapatbersaing di duniakerja.Akan tetapipelaksanaanpraktikkerjaindustriinitidaksemuanyaberjalansesuaidengan yang diinginkan, dantidaksedikitsekolah yang kurangmemperhatikanpelaksanaanpraktikkerjaindustri.Praktikkerjaindustritidakakanlepasdaribeberapafaktor yang menunjangkeberhasilanpraktikkerjaindustri. Makadariitudenganadanyapenelitianinidiharapkandapatmenjadisumberreferensibagisekolahmaupunindustridalammenjalanpraktikkerjaindustrisehinggasiswaakanbanyakmemperolehpengalamanbelajar. Dalampenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifdenganmenggunakanmetodekualitatifdankuantitatif.Data kualitatifdiperolehdariwawancara yang dilakukankepada 22 siswapadatanggal 4-8 April 2019 dari data tersebutkemudiandisimpulkanmengenaipengalamanbelajar yang didapatolehsiswadanfaktor yang mempengaruhinya.Data kuantitatifdiperolehdariangketpendapatsiswa yang disebarkankepada 61 siswajurusan TITL SMKN 1 Singosaripadatanggal 4-8 April 2019.Dari data tersebutkemudiandiperoleh data numeric yang kemudiandirubahmenjadipersentase.Dari kedua data tersebutkemudianditarikkesimpulanmengenaipengalamanbelajar yang diperolehsiswaselamapraktikkerjaindustridanfaktor yang mempengaruhinya. Dari data tersbutdapatdisimpulkanbahwapengalamanbelajar yang didapatsiswabermacam-macam, jikadibandingkanmakalebihbanyakpengalamanbelajar yang dipeorlehsetelahpelaksanaanpraktikkerjaindustri.sedangkanfaktor yang mempengaruhiperolehanpengalamanbelajarpadapelaksanaanpraktikkerjaindustriadalah(a)materi yang disampaikandalampembelajarandisekolahsesuaidandapatmendukungdalampelaksanaanprakerin, (b)pekerjaan yang dilakukanselamaprakerinsesuaidenganjurusankelistrikkan, (c)banyaknyapekerjaan yang dikerjakanolehsiswa di industri, (d)pemberianmateri di sekolahmengenaicarakerjapenggunaanalat, (e)pembekalanataupengarahanawaldarisekolahsebelumpelaksanaanprakerin, (f)masaataujangkawaktupelaksanaanprakerindiperpanjang (lebihdari 4 bulan), (g)lingkungankerja yang mendukungsiswadalampelaksanaanprakerin, (h)pendampingandaripihakindustriselamapelaksanaanprakerin, (i)kelengkapanalatkerjaselama di industri, (j)pelatihandarisekolahmengenaipenggunaanalatdanpekerjaan yang akandilakukanselamaprakerin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengalaman belajar, praktik kerja industri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:31
Last Modified: 09 Nov 2022 03:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item