Peran Menteri Supeno dalam panggung politik Indonesia 1945-1949 / Diah Kenthiri Esa Prastika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Menteri Supeno dalam panggung politik Indonesia 1945-1949 / Diah Kenthiri Esa Prastika

Prastika, Diah Kenthiri Esa (2018) Peran Menteri Supeno dalam panggung politik Indonesia 1945-1949 / Diah Kenthiri Esa Prastika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Prastika Diah Kenthiri Esa. 2018. Peran Menteri Supeno Dalam Panggung Politik Indonesia 1945-1949. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci menteri Supeno politik. Penelitian ini dilatarabelakangi oleh permasalahan peran Menteri Supeno dalam perang kemerdekaan Indonesia termuat dalam kajian sejarah politik. Peranan yang lebih terfokus pada perjuangan Menteri Supeno dalam perpolitikan Indonesia yang memiliki jiwa politik untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan Belanda. Permasalahan yang diteliti yaitu (1) Latar belakang kehidupan Menteri Pemuda Supeno (2) Keterlibatan politik Menteri Pemuda Supeno dalam panggung politik Indonesia 1945-1949 (3) Akhir keterlibatan Menteri Supeno dalam panggung politik Indonesia 1948-1949. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Sejarah dengan menggunakan pendekatan metode sejarah. Sumber data primer yang diperoleh diantaranya (a) arsip (b) sumber lisan atau wawancara (c) sumber koran atau majalah (d) data artefak berupa monumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan penelitian terdahulu yang setema dengan topik yang diteliti oleh peneliti Hasil dari analisis data yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan yaitu Pertama Menteri Supeno mulai aktif dan terlibat dalam organisasi-organisasi yang berkembang di Indonesia. Kedua pemikiran Supeno yang kritis dan cekatan dalam dunia politik menjadikan Supeno diangkat menjadi menteri masa kabinet Hatta I. Ketiga Agresi Militer Belanda II Menteri Supeno melakukan gerilya bersama dengan menteri-menteri lainnya untuk menghindari serangan dari tentara Belanda.Saran dari penulis adalah harapan terkait tambahnya penelitian mengenai peran Menteri Supeno karena pembahasan mengenai Menteri Supeno bagi masyakarat luas masih belum banyask diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153915

Actions (login required)

View Item View Item