Dinamika perusahaan Pos Indonesia masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin (1950-1965) / Inges Reagita Anjani - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika perusahaan Pos Indonesia masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin (1950-1965) / Inges Reagita Anjani

Anjani, Inges Reagita (2020) Dinamika perusahaan Pos Indonesia masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin (1950-1965) / Inges Reagita Anjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anjani Inges Reagita. 2019. Dinamika Perusahaan Pos Indonesia Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin (1950-1965). Jurusan Sejarah Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Kata Kunci Pos Indonesia Kantor Pos Jawatan PTT Telekomunikasi Surat Demokrasi Liberal Demokrasi Terpimpin Pos Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki sejarah panjang bahkan sudah dibentuk sebelum Negara Indonesia merdeka. Kantor Pos pertama didirikan di Batavia oleh Gubernur Jenderal Gustaff Willem van Imhoff. Sejak awal pendiriannya Kantor Pos mengemban tugas untuk melayani publik khususnya untuk menjamin keamanan dari surat-surat yang dikirim oleh penduduk terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Pos Indonesia ikut membangun perekonomian dan berperan penting dalam bidang sosial politik. Perseroan memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan Negara yaitu merekatkan komunikasi menggerakkan perekonomian rakyat dan sebagai perantara hubungan dengan berbagai institusi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripskan awal mula pertumbuhan Layanan Pos di Indonesia dan mendeskripsikan peredaran uang di Kantor Pos. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Buku Sejarah Pos dan Telekomunikasi di Indonesia sedangkan sumber sekunder yang digunakan diantaranya Buku Selayang Pandang Pos Indonesia dan Buku Melayani Rakyat Menjaga Negara Sejarah Sosial Politik dan Ekonomi PT Pos Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pos pada awalnya didirikan untuk memberi jaminan keamanan pada kiriman surat hingga Kantor Pos pertama resmi didirikan pada tanggal 26 Agustus di Batavia dengan status Jawatan PTT. (2) peredaran uang Kantor Pos masa Demokrasi Liberal dari tahun 1950 sampai 1952 masih mengalami fluktuasi. Seiring dengan pertumbuhan pendapatan yang konstan mulai tahun 1953 sampai 1959 Kantor Pos mengalami keuntungan yang meningkat. Selanjutnya dimasa Demokrasi Terpimpin tahun 1960 sampai 1962 Kantor Pos masih mendapatkan laba tetapi akibat adanya inflasi sejak tahun 1963 sampai 1965 Kantor Pos mengalami defisit ditahun 1965. Peneliti berharap skripsi ini dapat menjadi pelengkap bagi penulisan sejarah Perusahaan Pos Indonesia dan dapat berguna bagi pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153899

Actions (login required)

View Item View Item