pekan olahraga nasional (pon) 1948 di solo: berolahraga di tengah gejolak politik dan sosial / fitrierma nadewi yasinta - Repositori Universitas Negeri Malang

pekan olahraga nasional (pon) 1948 di solo: berolahraga di tengah gejolak politik dan sosial / fitrierma nadewi yasinta

Yasinta, Fitrierma Nadewi Yasinta (2021) pekan olahraga nasional (pon) 1948 di solo: berolahraga di tengah gejolak politik dan sosial / fitrierma nadewi yasinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan PON tahun 1948 di Solo merupakan salah satu peristiwa yang memiliki andil dalam perjalanan olahraga bangsa Indonesia. Tema ini sangat menarik dan penting dikaji untuk menjelaskan pelaksanaan PON tahun 1948 beserta hal-hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut serta untuk mengulas dampak dari pelaksanaan acara PON tahun 1948. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Mengapa Solo dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan PON tahun 1948 (2) Bagaimana proses pelaksanaan PON tahun 1948 (3) Bagaimana dampak pelaksanaan PON tahun 1948 terhadap perkembangan olahraga nasional dan situasi politik di Indonesia . Penelitian ini menggunakan metode penelitian Sejarah yang meliputi (1) Pemilihan topik (2) Heuristik (pengumpulan sumber) (3) Verifikasi (kritik sumber) (4) Interpretasi (analisis dan sintesis) dan (5) Historiografi (penulisan). Hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi politik dan sosial di Solo belum sepenuhnya stabil karena masih terjadi beberapa permasalahan. Hal tersebut tidak menyurutkan pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui PORI dan KORI untuk menyelenggarakan pesta olahraga skala nasional. Penolakan atlet Indonesia untuk mengikuti Olimpiade di London membuat pihak Indonesia mengadakan kongres. Hasil dari kongres tersebut adalah melaksanakan PON tahun 1948 serta menunjuk Solo sebagai tuan rumah pelaksana. Hal ini karena Solo memiliki Stadion Sriwedari dan kolam renang serta telah memenuhi persyaratan untuk mengadakan perlombaan di bidang olahraga. (2) Pelaksanaan PON tahun 1948 di Solo dilaksanakan tanggal 9-12 September 1948. Pelaksanaan PON di Solo tahun 1948 diikuti oleh 13 karesidenan serta mempertandingan 9 cabang olahraga seperti panahan bola basket dan atletik. Acara PON tahun 1948 juga dimeriahkan berbagai pengisi acara seperti pencak silat masal dan senam masal yang dilakukan oleh murid sekolah dasar. (3) Pelaksanaan PON tahun 1948 memiliki pengaruh pasca pelaksanaan acara tersebut. Salah satunya adalah diperingati Hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September setiap tahunnya dan muncul berbagai organisasi dari setiap cabang olahraga serta muncul berbagai kejuaraan pada tiap-tiap cabang olahraga. Selain itu pelaksanaan PON I tahun 1948 juga menjadi wahana pemersatu bangsa dan merupakan salah satu strategi bangsa Indonesia untuk menunjukkan eksistensi di mata dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153895

Actions (login required)

View Item View Item