Syaifuddin, Chalid (2011) Belajar kooperatif tipe TGT dengan strategi belajar multi level pada materi bentuk aljabar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Advent Purwodadi / Chalid Syaifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kooperatif tipe TGT strategi belajar multi level dan hasil belajar. Proses pembelajaran di kelas ditentukan oleh guru dan siswa yang terlibat langsung dalam pembelajaran dan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran yang baru merupakan salah satu cara untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung di kelas sehingga dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan di kelas harus sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini yaitu KTSP. Pembelajaran yang sesuai dengan KTSP adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam belajar salah satunya yaitu belajar kooperatif tipe TGT dengan strategi belajar multi level. Pada pembelajaran ini siswa melakukan dua tahap kegiatan pembelajaran yaitu tahap belajar kelompok dan tahap turnamen. Pada tahap belajar kelompok siswa mendiskusikan LKS dengan strategi belajar multi level yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap diskusi siswa level 1 dengan guru dan tahap diskusi siswa dengan siswa pada kelompok masing-masing dengan metode tutor sebaya. Pada tahap turnamen siswa melakukan game akademik pada meja tunamen dimana setiap meja turnamen ditempati siswa yang levelnya sama. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Advent Purwodadi yang berjumlah 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam enam pertemuan mulai 3 November sampai 2 Desember 2010. Hasil penelitian setelah dilaksanakan belajar kooperatif tipe TGT dengan strategi belajar multi level menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dengan rata-rata skor tes siswa 44 33 ke siklus 2 dengan rata-rata skor tes siswa 54 sampai ke siklus 3 meningkat rata-ratanya menjadi 73 33. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa belajar kooperatif tipe TGT dengan strategi belajar multi level yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari dua tahap yaitu tahap diskusi kelompok dan tahap turnamen dimana setiap tahap terdiri dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15388 |
Actions (login required)
View Item |