Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi di SMPN 8 Malang / oleh Fery Mufarokhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi di SMPN 8 Malang / oleh Fery Mufarokhah

Fery Mufarokhah (2007) Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi di SMPN 8 Malang / oleh Fery Mufarokhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya peningkatan mutu pendidikan salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan pendekatan konstruktivis. Untuk mendukung penerapan pendekatan konstruktivis diperlukan pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk secara aktif memperoleh pengetahuannya. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan melatih siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan model ekspositori. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang belajar dengan menggunakan model ekspositori. Penelitian ini didesain dengan Quasi Experiment menggunakan subjek siswa kelas VIII SMPN 8 Malang tahun ajaran 2006/2007. Subjek terdiri dari 2 kelas yang diambil dari 8 kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan program SPSS 10.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 20 05 sedangkan kelas kontrol sebesar 14 98 dengan t hitung 2 184 dengan signifikansi 0 05. Dengan demikian t hitung t tabel yaitu 2 184 1 988 dan sig (0 032) 0 05 maka hipotesis penelitian diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang belajar dengan menggunakan model ekspositori (2) hasil belajar geografi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model ekspositori. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya guru bidang studi geografi untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan dan subjek yang sesuai sebagai salah satu alternatif untuk menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/153399

Actions (login required)

View Item View Item