Sulistyawan, Ari Eko (2010) Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika tertulis di SMP Negeri 2 Ngunut Tulungagung / Ari Eko Sulistyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran berbasis masalah komunikasi kemampuan komunikasi matematika tertulis Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi yang semakin pesat menuntut adanya perubahan dan perkembangan di segala bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Sehubungan dengan hal itu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran yang mengaktifkan interaksi antar guru dan siswa siswa dengan siswa serta siswa dengan lingkungannya. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah model pembelajaran berbasis masalah yaitu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan tahap-tahap pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngunut Tulungagung pada materi segi empat dan segitiga. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbing dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan wawancara catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 dengan subpokok bahasan keliling dan luas persegi panjang persegi dan segitiga siswa yang memperoleh nilai 8805 75 ada 33 dan persentase ketuntasan belajar siswa 82 5 % dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa 81 5. Sedangkan pada siklus 2 dengan subpokok bahasan keliling dan luas jajargenjang belah ketupat layang-layang dan trapesium siswa yang memperoleh nilai 8805 75 ada 37 dan persentase ketuntasan belajar siswa 92 5 % dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa 83 2. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Negeri 2 Ngunut Tulungagung pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini berhasil. Sehingga pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika tertulis di SMP Negeri 2 Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15332 |
Actions (login required)
View Item |