Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung

ZHOENALDY, MOCHAMAD HENDRA (2019) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zhoenaldy, M.H. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung. Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr.AniekIndrawati, S.Si., M.M Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, lingkungan belajar, hasil belajar Pendidikan yang bermutudapatmengembangkanpotensisumberdayamanusiadanmampumenghasilkanoutput yang berkualitas.Kemampuansiswaharusterusdikembangkan agar menjadipenerusbangsayang mempunyaidayasaing. Banyakhaldiluarkelas yang bisamenjadisumberbelajarsiswadandapatmeningkatkanhasilbelajar, diantaranya adalah pemanfaatanperpustakaansekolah dan pemanfaatan internet. Tinggirendahnyahasilbelajarjugadipengaruhiolehlingkunganbelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar; (2) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajarsecara parsial terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung. Peneletian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Mojoagung, dengan sampel sejumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan dokumentansi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: (1) Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet dan Lingkungan Belajar dalam klasifikasi baik; (2) Pemanfaatan Perpustakaan, Pemanfaatan Internet, dan Lingkungan Belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Nilai R Square sebesar 0,524 yang artinya persentase sumbangan pengaruh sebesar 52,4% terhadap variabel Y, sisanyasebesar 47,6% dipengaruhivariabel lain. Penelitiselanjutnyadiharapkan, melakukanpenelitianlebihlanjutterkaitvariabel lain yang didugadapatmempengaruhihasil belajarselaindarivariabelpemanfaatan perpustakaan (X1), pemanfatan internet (X2), lingkungan belajar (X3). Variabel lain tersebut meliputi, peran guru, metode mengajar dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, lingkungan belajar, hasil belajar
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:12
Last Modified: 26 Aug 2022 01:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item