Pengembangan modul pembelajaran barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX dengan pendekatan konteksrual / Yunita Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX dengan pendekatan konteksrual / Yunita Kusuma Wardani

Wardani, Yunita Kusuma (2010) Pengembangan modul pembelajaran barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX dengan pendekatan konteksrual / Yunita Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Askury M. Pd. Pembimbing II Dra. Tri Hapsari Utami M. Pd. Kata Kunci pengembangan modul barisan dan deret pendekatan kontekstual Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda. Ada siswa yang kecepatan belajarnya tinggi namun ada juga siswa yang kecepatan belajarnya rendah. Pembelajaran dengan modul memberikan solusi untuk permasalahan ini. Selain itu modul juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri. Modul dapat digunakan untuk membelajarkan materi apa pun termasuk materi barisan dan deret. Karena materi barisan dan deret baru pertama kali diajarkan pada siswa kelas IX SMP maka akan lebih baik jika materi dikenalkan melalui permasalahan kontekstual yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan kegiatan pengembangan modul.Tujuan pengembangan ini adalah terbentuknya modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX. Model pengembangan modul ini mengadaptasi model pengembangan menurut Chomsin S. Widodo dan Jasmadi . Prosedur pengembangan modul adalah sebagai berikut (1) menentukan standar kompetensi (2) analisis kebutuhan modul (3) penyusunan draft (4) validasi dan uji coba dan (5) revisi. Berdasarkan hasil analisis data uji coba 1 disimpulkan bahwa dari keseluruhan aspek penilaian yaitu (1) aspek materi (2) aspek pendekatan kontekstual (3) aspek bahasa dan (4) aspek penyajian dan tampilan modul dinyatakan valid dan berdasarkan analisis data uji coba 2 dapat disimpulkan bahwa modul dapat diterima oleh siswa. Namun ada beberapa bagian modul yang masih harus direvisi salah satunya adalah perubahan redaksi pada beberapa pertanyaan dalam Lembar Kegiatan Belajar 1. Hal ini dikarenakan pertanyaan tersebut masih sulit dipahami oleh beberapa siswa. Saran untuk pengembangan modul selanjutnya diharapkan uji coba lapangan lebih diperluas dan latihan soal diperbanyak lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item