Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) pada materi segitiga pada siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A / Erika Adisti Noviandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) pada materi segitiga pada siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A / Erika Adisti Noviandari

Noviandari, Erika Adisti (2010) Penerapan pembelajaran think pair share (TPS) pada materi segitiga pada siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A / Erika Adisti Noviandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti pada saat PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A tidak memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yang diterapkan di SMP Negeri 1 Malang ketika diterapkan pembelajaran kelompok yang anggotanya terdiri dari lima orang. Berdasarkan wawancara dengan 4 orang siswa diperoleh informasi bahwa pembelajaran kelompok yang beranggotakan 5 orang mengakibatkan siswa tidak bisa fokus pada pembelajaran karena ada beberapa anggotanya yang tidak ikut berdiskusi dan membuat suasana kelas menjadi gaduh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran TPS pada materi segitiga pada siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A serta hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII-A pada materi segitiga setelah diterapkan pembelajaran TPS. Proses pembelajaran terdiri dari 3 tahap yaitu thinking Pairing dan Sharing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar pada subpokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan ukuran sisi-sisi dan sudut-sudutnya adalah 93 3%. Skor rata-rata aktivitas guru adalah 78 73 dan skor rata-rata aktivitas siswa adalah 76 16. Dalam analisis skor rata-rata tersebut disimpulkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa termasuk kategori sangat baik. Menurut ketuntasan pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 1 Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan TPS dalam penelitian ini berhasil. Sehingga pembelajaran TPS pada materi segitiga pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Malang dilaksanakan sesuai tahapan TPS serta memberikan penghargaan kepada kelompok yang aktif dalam diskusi. According to the preliminary observation by researcher at the moment of PPL achieved information that the achievement of VII-A class students State Junior High School 1 Malang don t fulfill the classical exhaustiveness learning specified by State Junior High School 1 Malang when implemented cooperative learning. According to the interview with four students achieved that cooperative learning with five partners of group caused students can t focus to the learning process because there are many students of their group don t follow the discussion and make the class condition be noisy. This research is qualitative descriptive research which describes the design and implementation of TPS learning in triangle material in First Grade of State Junior High School 1 Malang and the achievement VII-A Class student in triangle material after implemented of TPS learning. The process of learning comprise of 3 stages that are thinking pairing and sharing. The result of this research shows that the percentage of students who complete the learning by identified the properties of triangle in term of their sides and their angles is 93 3%. The average score of student s activity is 78 73% and the average score of teacher s activity is 76 16. The student s activity and the teacher s activity are categorized in the Very Good category. According to learning exhaustiveness specified by State Junior School 1 Malang instruction is said supporting and successful if at least 85% students reach a minimum score in this case is 75. So it can be concluded that learning with this TPS in this study is successful. So the implementation of TPS learning in triangle material in First Grade of State Junior High School 1 Malang is conducted in accordance to TPS stages and gives rewards to the group which active in discussion and presentation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item