Penerapan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah) pada sub pokok bahasan kubus dan balok kepada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Astutik Talun Nu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah) pada sub pokok bahasan kubus dan balok kepada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Astutik Talun Nu

Talun Nu, Astutik (2009) Penerapan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah) pada sub pokok bahasan kubus dan balok kepada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Astutik Talun Nu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Talun NU Astutik. 2009. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok terhadap Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tjang Daniel Chandra M.Si (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci Pembelajaran Berbasis Masalah prestasi belajar. SMP Muhammadiyah 1 Malang merupakan salah satu sekolah di kota Malang yang belum pernah melakukan penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah kepada siswanya..Guru matematika di sekolah tersebut khususnya kelas VIII A menyatakan bahwa memerlukan ketelatenan untuk membuat siswa belajar matematika. Guru seringkali harus mengulangi materi yang sama beberapa kali agar siswa benar-benar memahami. Selain itu ulangan harian yang mereka peroleh pun sering masih berada di bawah standar kentuntasan minimum sekolah (SKM) yaitu 60. Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu pendekatan yang cocok secara teoritis untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika bagi mereka karena pembelajaran ini diawali dengan pemberian masalah untuk diselesaikan sendiri oleh siswa sampai secara tidak sadar mereka telah belajar sesuatu dari permasalah tersebut. Dengan metode ini pengetahuan yang mereka pelajari sendiri akan mengendap lama di otak mereka. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Penelitian ini mendiskripsikan tentang rancangan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pelaksanaannya sekaligus prestasi yang dicapai siswa setelah diterapkan pembelajaran model ini. Rancangan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajarn (RPP) dan Lembar kerja Siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa selalu menunjukkan hasil di atas SKM yang ditetapkan sekolah. Pada siklus kedua siswa mencapai nilai rata-rata kelas 87 dengan ketuntasan siswa sebesar 100%. Dari hasil penelitian juga diperoleh kesimpulan bahwa siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil lembar observasi aktifitas siswa mencapai total skor antara 30 sampai dengan 38 yang masuk pada kategori baik . Selain itu dari angket yang disebar pada siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa senang dengan model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item View Item