Sari, Septina Ika Wenny Puspita (2010) Kajian kesalahan konsep geometri pada buku teks matematika SMP / Septina Ika Wenny Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK W.P Septina Ika. 2009. Kajian Kesalahan Konsep Geometri Pada Buku Teks Matematika SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Pembimbing (II) Drs. Askury M.Pd. Kata Kunci kesalahan konsep geometri buku teks. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran matematika di sekolah adalah kualitas buku teks matematika yang digunakan. Dari beberapa penelitian terungkap bahwa buku teks yang beredar selama ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya isi yang kurang urutan materi yang tidak sesuai dengan kurikulum penggunaan konsep yang tidak konsisten terdapat bahasan yang berulang memuat kekeliruan pengungkapan objek matematika dan kekeliruan strategi penyajian materi. Serta ditemukan banyak kesalahan dalam memahami suatu konsep matematika (miskonsepsi) terutama pada pokok bahasan geometri. Buku teks yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dengan cara bertanya kepada beberapa siswa SMP di Malang tentang buku teks matematika apa yang mereka gunakan di sekolah. Dari hasil observasi tersebut diperoleh lima buku teks matematika yang digunakan di beberapa SMP di Malang yaitu MG GE EL YD dan BS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konsep geometri pada buku teks matematika SMP. Kekeliruan pengungkapan konsep matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan konsep pada buku teks dengan konsep yang sebenarnya. Kegiatan utama penelitian ini adalah mengkaji isi buku teks dalam hal pengungkapan kesalahan konsep geometri. Kajian isi adalah suatu cara penelitian untuk memeriksa isi dokumen secara objektif dan sistematis. Dari pengkajian yang dilakukan ditemukan kesalahan konsep pada masing-masing buku teks yaitu pada MG GE EL YD dan BS berturut-turut 5 kesalahan 1 kesalahan 1 kesalahan 10 kesalahan dan 2 kesalahan. Berdasarkan hasil pengkajian ini ditemukan kesalahan konsep geometri pada buku teks matematika SMP. Saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut. Pertama bagi guru agar memeriksa terlebih dahulu konsep-konsep dalam buku teks yang akan dijadikan sebagai rujukan untuk memberikan bimbingan kepada siswa. Kedua siswa hendaknya tidak menggunakan satu buku sebagai acuan dalam belajar dan memilih buku yang berkualitas agar memperoleh konsep materi yang benar. Ketiga sekolah hendaknya lebih teliti dalam memilih buku teks matematika yang akan digunakan. Keempat penulis buku teks hendaknya meneliti kembali konsep-konsep yang disajikan pada buku teks dan memperbaiki kesalahan konsep yang ada agar pembaca lebih memahami apa yang mereka pelajari. Kelima penerbit hendaknya merevisi kesalahan konsep yang ada pada buku teks dan agar lebih teliti sebelum menerbitkan buku. Keenam kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji aspek-aspek yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15213 |
Actions (login required)
View Item |