Pengaruh pembelajaran kontekstual model tutorial seraya pokok bahasan segitiga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Septiyo Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kontekstual model tutorial seraya pokok bahasan segitiga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Septiyo Rizky

Rizky, Septiyo (2010) Pengaruh pembelajaran kontekstual model tutorial seraya pokok bahasan segitiga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Septiyo Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizky Septiyo. 2008. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Model Tutorial Sebaya Pokok Bahasan Segitiga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M. Pd (2) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata kunci . Pembelajaran Kontekstual Model Tutorial Sebaya segitiga prestasi belajar. Persoalan yang sering timbul dalam belajar adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan pembelajaran yang diberikan kurang bermakna. Dan hal ini akan berdampak pada prestasi belajar siswa yang rendah. Pembelajaran secara konvensional yang sering diterapkan oleh guru dapat mengakibatkan siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi pelajaran tanpa penalaran. Salah Satu metode yang mampu mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri sehingga dapat menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa adalah pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran kontekstual mempunyai beberapa komponen utama salah satunya adalah masyarakat belajar (Learning Community). Dalam masyarakat belajar hasil pembelajaran dapat diperoleh dari kerjasama dengan orang lain yang dilakukan dalam kelompok-kelompok belajar. Sehingga tercipta pola interaksi tertentu diantara anggota kelompok. Salah satunya dengan model tutorial sebaya. Pembelajaran kelompok dengan model tutorial sebaya merupakan model pembelajaran dengan cara membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari empat siswa atau lebih. Setiap kelompok terdapat seorang siswa yang dipilih oleh guru sebagai tutor yang berprestasi lebih baik berdasarkan nilai semester lalu. Model tutorial sebaya ini siswa yang mempunyai kemampuan lebih tinggi mengajar temannya yang mempunyai kemampuan lebih rendah. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran matematika sangatlah penting untuk membantu siswa agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Mengetahui betapa pentingnya memilih metode yang tepat dalam meningkatkan prestasi belajar maka peneliti mengadakan penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Model Tutorial Sebaya Pokok Bahasan Segitiga Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kontekstual dengan model tutorial sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Data hasil belajar diperoleh dari tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual model tutorial sebaya lebih tinggi dibanding siswa yang mendapat pembelajaran konvensional atau biasa. Peneliti menyarankan sebaiknya pembelajaran kontekstual model tutorial sebaya dijadikan sebagai alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item