Prasetyo, Azmi Lukman (2019) Pengaruh variasi kuat arus pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) pada baja St 37 hasil proses pack carburizing / Azmi Lukman Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Prasetyo Azmi Lukman. 2019. Pengaruh Variasi Kuat Arus Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) terhadap Distribusi Kekerasan dan Ketahanan Impact pada Baja St 37 Hasil Proses Pack Carburizing. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aminnudin S.T. M.T (II) Yanuar Rohmat A. P. S.T. M.T. Kata Kunci Pengelasan SMAW Carburized Steel Distribusi Kekerasan Kekuatan Impact Mikrostruktur. Pemanfaatan las SMAW dengan biaya murah pada baja hasil proses karburasi (carburized steel) yang banyak diaplikasikan pada elemen transmisi misalnya pada roda gigi sangat potensial sebagai pengganti sambungan baut konvensional untuk mengurangi berat kendaraan sehingga dapat menurunkan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kuat arus pengelasan SMAW terhadap distribusi kekerasan dan ketahanan impact hasil sambungan carburized steel. Penelitian ini menggunakan baja St 37 hasil pack carburizing sebagai benda kerja dan dilakukan proses pengelasan menggunakan las SMAW dengan variasi kuat arus pengelasan sebesar 80 100 dan 120 A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental hasil penelitian didapatkan melalui pengamatan struktur mikro uji distribusi kekerasan dan uji ketahanan impact pada pusat sambungan dengan menggunakan mikroskop optik microvikers dan charpy impact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap arus pengelasan memiliki hasil yang berbeda pada setiap sambungan. Hasil pada pengujian distribusi kekerasan yang paling homogen terletak pada sambungan las dengan arus 120 A yang mengindikasikan semakin tinggi masukan panas yang diberikan menyebabkan lapisan karbon pada baja terdistribusi merata. Hal ini dibuktikan oleh hasil foto makro yang menggambarkan pendistribusian karbon pada arus 120 A terdistribusi hingga mencapai daerah pusat las. Sedangkan hasil pada pengujian impact pada sambungan las hasil pack carburizing secara berurutan pada arus 80 100 dan 120 A adalah sebesar 0 611 0 227 dan 0 194 J/mm2. Hal ini disebabkan pada daerah weld metal dengan semakin tinggi arus pengelasan yang digunakan ukuran butir semakin kecil dan distribusi karbon yang merata hingga mencapai titik pusat sambungan sehingga menyebabkan nilai ketahanan impact menurun. SUMMARY Prasetyo Azmi Lukman. 2019. The Effect of SMAW (Shielded Metal Arc Welding) Current on Hardness Distribution and Impact Strength of St 37 after Pack Carburizing Process. Undergraduate Thesis. Mechanical Engineering Department Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (I) Dr. Aminnudin S.T. M.T (II) Yanuar Rohmat A. P. S.T. M.T. Keywords SMAW Carburized Steel Hardness Distribution Impact Strength Microstructure. The use of low-cost SMAW on steel after carburizing process (carburized steel) widely applied on transmission elements such as gear is very potential to substitute the commercial bolt connections to reduce the weight of the vehicle thus it can reduce the fuel consumption. This study aims to study the influence of SMAW welding currents on the hardness distribution and the impact strength of carburized steel welding joint. This study utilized St 37 steel pre-treated by pack carburizing as a workpiece and the welding process was conducted using SMAW with the welding current variations of 80 10 0 and 120 A. Experimental research method was used in this study. The results experimentally obtained through microstructural observation weld cross-sectional hardness distribution test and impact strength test at the weld centerline using optical microscope microvickers and charpy impact respectively. The results of the study show that at each welding current induced different results on each joint. Based on hardness test the most homogeneous hardness distribution are obtained on joint welded using 120 A of current indicating the higher heat input applied the carbon originally located on steel outer layer distributed homogeneously to entire weld region. This is evidenced by the results of macroscopic images of 120 A weld cross-section that describe the carbon distribution homogeneously to the weld centerline. On the other hand the impact strength obtained from charpy impact test on joints welded by currents of 80 100 and 120 A were determined at 0.611 0.227 and 0.194 J/mm2. At the weld region the grain size formed was observed smaller and the hardnes elevation became greater due to the presence of carbon at the weld centerline by using higher welding current thus consequently reducing the impact strength.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151362 |
Actions (login required)
View Item |