Muhsi, Abdul Muhsi (2021) pengaruh holding time, carburizer dan viskositas quenching terhadap kekerasan sproket sepeda motor hasil pack carburizing / abdul muhsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Muhsi abdul. 2021. Pengaruh Holding Time Carburizer dan Viskositas Quenching Terhadap Kekerasan Sproket Sepeda Motor Hasil Pack Carburizing. Skripsi Program Studi S1 Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Andoko S.T. M.T. (II) Redyarsa Dharma Bintara S.T. M.Sc. Kata Kunci pack carburizing holding time kekerasan sproket Peningkatan produksi sepeda motor di Indonesia mengakibatkan berkembangnya industri otomotif dan industri pengecoran. Proses produksi sepeda motor dalam jumlah banyak mengakibatkan kebutuhan sprarepart seperti sproket otomatis akan meningkat. Ketersediaan sproket imitasi lebih diminati masyarakat karena harganya yang murah namun kekerasannya rendah. Penggunaan pack carburizing dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kekerasan sproket. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh holding time carburizer dan viskositas quenching.terhadap kekerasan sproket sepeda motor melalui pack carburizing dengan menggunakan uji kekerasan Rockwell dan uji komposisi kimia. Pack Carburizing menggunakan beberapa kombinasi parameter yaitu holding time (60 90 dan 120 menit) carburizer A (80% arang bambu dan 20% BaCO3) dan B (85% arang bambu dan 15% BaCO3) dan viskositas quenching (SAE 20 30 dan 40). Dimensi spesimen diameter dalam 1 cm diameter luar 4 cm dan berbentuk setengah lingkaran. Hasi penelitian menunjukkan nilai rata-rata kekerasan tertinggi berdasarkan parameter yang digunakan yaitu variasi rasio carburizer (27 2 HRC) variasi rasio viskositas quenching (26 3 HRC) dan variasi rasio holding time (22 2 HRC). Peran carburizer paling maksimal dalam meningkatkan kekerasan spesimen. Diketahui kekerasan spesimen awal yaitu 40 HRC dan kekerasan spesimen tertinggi pada spesimen 15 yaitu 45 HRC. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkatan kekerasan spesimen sangat dipengaruhi oleh rasio parameter berikut ini merupakan pengaruh parameter yang digunakan dari tertinggi hingga terendah antara lain carburizer viskositas quenching dan holding time. Kekerasan hasil pack carburizing cenderung lebih rendah daripada spesimen tanpa pack carburizing disebabkan oleh kombinasi parameter yang kurang baik sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal selama proses penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151304 |
Actions (login required)
View Item |