Dampak dan strategi pengembangan air terjun putuk truno era pandemi covid-19 / Triafinna Khoyyun Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak dan strategi pengembangan air terjun putuk truno era pandemi covid-19 / Triafinna Khoyyun Istiqomah

Istiqomah, Triafinna Khoyyun Istiqomah (0000) Dampak dan strategi pengembangan air terjun putuk truno era pandemi covid-19 / Triafinna Khoyyun Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor pariwisata menjadi sektor penggerak serta penopang perekonomian di suatu wilayah. Dengan adanya sektor tersebut akan membuka lapangan pekerjaan baru dan kesempatan usaha bagi masyarakat sekitar. Namun berbanding terbalik pada saat pandemi covid-19 yang berdampak terhadap seluruh sektor terutama pada sektor pariwisata. Kondisi tersebut berdampak terhadap penerimaan daerah jumlah kunjungan wisata serta masyarakat sekitar objek wisata. Untuk itu dibutuhkan strategi pengembangan suatu objek wisata di era pandemi seperti sekarang ini. Pembangunan pariwisata seharusnya dilakukan dengan memaksimalkan perlindungan terhadap lingkungan agar dapat dinikmati secara berkelanjutan. Seperti halnya pada objek wisata Air Terjun Putuk Truno yang berbasis alam dan keindahan alamnya yang disuguhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan objek wisata Air Terjun Putuk Truno Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan analisis faktor internal dan faktor eksternal agrowisata analisis matriks IFAS EFAS IE SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan matriks IFAS kekuatan utama objek wisata ini jarak tracking dekat dan menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19. Sedangkan kelemahan utamanya terletak pada belum ada penjual souvenir. Sedangkan pada matriks EFAS peluang utama objek wisata ini adalah terletak di daerah wisata dan objek wisata dekat dengan Akomodasi Penginapan dan Tempat Makan. Sedangkan ancaman utamanya yaitu terdapat tempat wisata yang mulai bermunculan. Pada analisis matriks IE menunjukkan bahwa objek wisata Air Terjun Putuk Truno berada di posisi kuadran II. Hal ini berarti bahwa strategi yang tepat dikembangkan adalah strategi stabilitas. Pada tabel analisis SWOT diperoleh 11 strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan objek wisata Air Terjun Putuk Truno di era pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dari matriks SWOT kemudian dilakukan pembobotan pada QSPM untuk mengetahui prioritas strategi sehingga diperoleh strategi yang utama yaitu merawat akses jalan fasilitas dan sarana prasarana untuk menjaga kenyamanan berwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151246

Actions (login required)

View Item View Item