Inovasi daerah melalui keberadaan kewirausahaan sosial "tandur pangan" di kota batu / Osit Selina - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi daerah melalui keberadaan kewirausahaan sosial "tandur pangan" di kota batu / Osit Selina

Selina, Osit Selina (0000) Inovasi daerah melalui keberadaan kewirausahaan sosial "tandur pangan" di kota batu / Osit Selina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid 19 menyebabkan berbagai permasalahan yang muncul di kalangan masayarakat dari masalah ekonomi hingga kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga ketahanan tubuh agar tidak terpapar virus.. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menciptakan alternatif melalui pemberdayaan. Pelaksanaan pemberdayaan melalui perantara sektor bisnis dan kewirausahaan yang tidak hanya berorientasi pada profit akan tetapi juga berperan dalam melakukan tanggung jawabnya terhadap lingkungan internal dan eksternalnya. Konsep tersebut sejalan dengan konsep bisnis kewirausahaan sosial yang mendukung tercapainya keseimbangan antara keuntungan dan dampak positif yang diberikan terhadap lingkungan sosial sehingga terwujudnya masyarakat mandiri dan sejahtera. Hal tersebut dimanfaatkan oleh kewirausahaan sosial Tandur Pangan dengan menciptakan inovasi yang memberdayakan potensi pertanian yang menjadi ikon di Kota Batu melalui penciptaan berbagai olahan sehat yang penting dikonsumsi saat pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang dibentuknya Tandur Pangan sebagai kewirausahaan sosial dan implementasinya terhadap elemen ndash elemen kewirausahaan sosial yang meliputi social value civil society innovation dan economic activity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan stakeholder dari Kewirausahaan Sosial Tandur Pangan sebagai obyek dalam memperoleh informasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tandur Pangan merupakan kewirausahaan sosial yang dibentuk di masa pandemi covid 19 dan telah memenuhi elemen ndash elemen kewirausahaan sosial. Kewirausahaan sosial Tandur Pangan telah memberikan social value dari usaha yang dijalankannya dengan memanfaatkan modal sosial yang ada dan dikelola oleh civil society dari Kewirausahaan Sosial Tandur Pangan sendiri. Kewirausahaan yang dijalankan mengembangkan sebuah inovasi dalam melakukan economy activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151242

Actions (login required)

View Item View Item