Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang / Widiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang / Widiyawati

Widiyawati (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang / Widiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMPN 18 Malang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Siswa terbagi menjadi siswa berkemampuan tinggi berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Malang pada kelas VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah siswa SMPN 18 Malang kelas VIII C dengan pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus. Pembelajaran STAD yang diterapkan diawali dengan presentasi materi berupa pemberian masalah sehari-hari atau membahas materi yang akan dijadikan bahan diskusi. Tahap selanjutnya adalah diskusi kelompok dengan kelompok yang memiliki kemampuan heterogen. Hasil diskusi kelompok disajikan dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari masalah yang diberikan. Tahap akhir adalah pelaksanaan kuis. Dari hasil kuis dihitung poin peningkatan individu dan poin peningkatan kelompok. Hasil penelitian tidak menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang pada materi persamaan garis lurus. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran STAD dengan pemecahan masalah pada siswa dengann kemampuan lebih tinggi atau tetap melaksanakan penelitian dengan fokus penelitian pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item