Keefektifan kegiatan lesson study dalam meningkatkan profesionalisme guru matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andik Prasetyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan kegiatan lesson study dalam meningkatkan profesionalisme guru matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andik Prasetyo Nugroho

Andik Prasetyo Nugroho (2009) Keefektifan kegiatan lesson study dalam meningkatkan profesionalisme guru matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Andik Prasetyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor yang dapat menentukan mutu pendidikan adalah profesionalisme guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi lesson study dalam pembelajaran Matematika dan untuk mengetahui keefektifan kegiatan lesson study dalam meningkatkan profesionalisme guru Matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus November 2007. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalah kelompok guru Matematika (4 orang) yang mengajar di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Peneliti terlibat langsung dengan aktivitas orang-orang yang diamati dalam pelaksanaan plan do dan see. Sedangkan untuk melakukan penilaian terhadap profesionalisme guru Matematika peneliti dibantu oleh seorang guru yang telah mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah. Peneliti dan guru tersebut melakukan observasi dan penilaian terhadap profesionalisme guru Matematika selama dan setelah pelaksanaan kegiatan lesson study. Observasi yang pertama dilakukan untuk mengamati pelaksanaan kegiatan lesson study yang terdiri dari tiga tahap yaitu plan do dan see oleh kelompok guru Matematika. Observasi yang kedua dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh masing-masing guru yang tergabung dalam kelompok lesson study tersebut. Aspek yang dinilai dalam kegiatan ini adalah kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kemampuan mengajar. Dari observasi tersebut diperoleh skor profesionalisme dari guru dan kelompok guru Matematika. Setelah dikonversikan dalam bentuk nilai angka skor profesionalisme setelah lesson study dibandingkan dengan skor profesionalisme pada saat lesson study. Berdasarkan data hasil penelitian skor profesionalisme kelompok guru Matematika setelah dilaksanakan kegiatan lesson study terjadi kenaikan.Yaitu dari dari 94 5 menjadi 95 57. Nilai tersebut dikonversikan dalam bentuk nilai huruf dan kedua skor ini berada pada kriteria nilai A. Oleh karena itu kegiatan lesson study yang dilaksanakan selama penelitian ini belum bisa dikatakan efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru Matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Namun demikian peningkatan skor profesionalisme tersebut menunjukkan bahwa lesson study berpotensi meningkatkan profesionalisme guru. Tingginya skor profesionalisme guru Matematika SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang diduga karena mereka telah melaksanakan kegiatan lesson study lebih dari tiga tahun. Dengan rentang waktu tersebut telah terjadi desiminasi pembelajaran dari guru-guru Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item