Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 13 Malang / Eni Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 13 Malang / Eni Purwati

Eni Purwati (2010) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 13 Malang / Eni Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang dilakukan di SMPN 13 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the statistic group comparison randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu pihak kanan. Dari analisis uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model TGT lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Pada sub pokok bahasan persegi panjang dan jajargenjang. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka peniliti memberikan saran antara lain (1) Materi yang digunakan dalam penelitian ini terbatas pada materi persegi panjang dan jajargenjang sehingga disarankan agar penelitian ini dikembangkan untuk pokok bahasan yang lain dengan mempertimbangkan penyusunan perangkat pembelajaran dan penyusunan LKS yang baik dalam menuntun siswa memahami konsep matematika (2) Dalam pembelajaran matematika bisa menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu variasi dalam pembelajaran (3) Untuk penelitian selanjutnya diharapkan mempertimbangkan pemberian penghargaan (reward) yang diberikan kepada kelompok TGT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item View Item