Penerapan metode pembelajaran RME dalam konsep operasi perkalian pada siswa kelas dua SD Negeri Jarit 04 Candipuro Lumajang / oleh Arif Saiful Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran RME dalam konsep operasi perkalian pada siswa kelas dua SD Negeri Jarit 04 Candipuro Lumajang / oleh Arif Saiful Huda

Arif Saiful Huda (2009) Penerapan metode pembelajaran RME dalam konsep operasi perkalian pada siswa kelas dua SD Negeri Jarit 04 Candipuro Lumajang / oleh Arif Saiful Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada awal tahun 2004 mulai diterapkan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Pembelajaran yang sesuai untuk menerapkan KBK adalah pembelajaran kontekstual. Dalam pembelajaran ini orientasi pembelajaran bergeser dari guru dan apa yang harus dilakukan ke siswa dan apa yang harus mereka lakukan . Salah satu metode pembelajaran yang berbasis kontekstual adalah RME(Realistic Mathematics Education). Model pembelajaran ini dikembangkan untuk siswa kelas rendah yaitu dengan memberikan hal nyata kepada mereka. Metode RME ini dapat diimplementasikan dalam konsep operasi perkalian pada siswa SD. Karakteristik RME adalah menggunakan konteks dunia nyata menggunakan model-model matematisasi menggunakan produksi dan konstruksi siswa interaktif dan keterkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode RME dalam konsep operasi perkalian dan juga mengetahui motivasi dan prestasi siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data yang dideskripsikan adalah data kegiatan pembelajaran data hasil observasi motivasi siswa data hasil observasi prestasi siswa dan data pembelajaran RME yang berisi karakteristik RME yang dapat dicapai pada tiap pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua SD Negeri Jarit 04 Candipuro Lumajang yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2006. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa motivasi siswa cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu ketuntasan belajar siswa mencapai 92 3% skor tertinggi adalah 100 skor terendah adalah 60 dan rata-rata kelas adalah 83 46 (SKM 65). Data tersebut menunjukkan prestasi siswa yang cukup baik. Selama proses pembelajaran berlangsung telah menggunakan karakteristik RME yaitu menggunakan konteks dunia nyata menggunakan model-model (matematisasi) menggunakan produksi dan konstruksi siswa menggunakan interaksi dan keterkaitan. Kelemahan dari penerapan metode pembelajaran ini adalah suasana kelas yang ramai karena siswa yang saling berebut bahan dan waktu yang diperlukan relatif cukup lama. Sehingga perlu pengelolaan kelas yang matang dan perlu diperhatikan pemilihan bahan yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item