Efendi, Bahrudin (2010) Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pokok bahasan atmosfer dan hidrosfer kelas VII di Mts. Al-Mubarok Sumbersuko, Lumajang / Bahrudin Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran dan menempati posisi yang penting dan diharapkan dapat memberikan motivasi belajar terhadap pebelajar sehingga berdampak pula pada peningkatan hasil belajarnya. Sementara itu berdasarkan hasil observasi di MTs. Al-Mubarok Penggunaan media pembelajaran pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial belum sepenuhnya digunakan kegiatan belajar masih menggunakan metode ceramah dan buku teks. Pengembang membuat Multimedia Interaktif ini sebagai salah satu alternatif pilihan media dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif bagi siswa yang dapat digunakan untuk belajar mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (2008). Dalam sistematika pengembangannya terdapat tahapan-tahapan yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) tes/ uji coba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan Hasil pengembangan Multimedia Interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni hasil uji coba ahli media 95% uji coba ahli materi 90% uji coba siswa perseorangan 85% dan hasil uji coba klasikal pada siswa adalah 86% dengan demikian media ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil belajar pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan Multimedia interaktif ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM sebanyak 66 6% pada uji coba perorangan dan 62% pada uji coba klasikal. Dengan demikian Multimedia Interaktif ini bisa dikatakan efektif. Saran yang diajukan untuk siswa diharapkan meningkatkan kebiasaan belajar mandiri dengan cara bersentuhan dengan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya menggunakan multimedia interaktif dalam membantu belajar untuk guru dan sekolah hendaknya Multimadia Interaktif ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |